• 29 Sep, 2022

Jenis-Jenis Fobia, Yuk Kenali Fobiamu

Jenis-Jenis Fobia, Yuk Kenali Fobiamu

 

jenis-jenis Fobia - Fobia adalah ketakutan irasional terhadap sesuatu yang kecil kemungkinannya menyebabkan bahaya. Kata itu sendiri berasal dari kata Yunani phobos yang berarti ketakutan atau horor. Hidrofobia, misalnya, secara harfiah diterjemahkan menjadi ketakutan akan air. Ketika seseorang menderita fobia, mereka mengalami ketakutan yang intens terhadap objek atau situasi tertentu.

 

 


Fobia berbeda dari ketakutan biasa karena menyebabkan tekanan yang signifikan, yang mungkin mengganggu kehidupan di rumah, pekerjaan, atau sekolah. Orang dengan fobia secara aktif menghindari objek atau situasi fobia, atau menahannya dalam ketakutan atau kecemasan yang intens.
Fobia adalah salah satu jenis gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan sangat umum terjadi. Fobia diperkirakan mempengaruhi lebih dari 30 persen orang dewasa AS pada suatu waktu dalam hidup mereka.

 

 

jenis-jenis Fobia
 

Terdapat beberapa orang yang fobia terhadap ular image by unsplash

 

 

Jenis-Jenis Fobia

 

 

Di bawah ini merupakan jenis jenis fobia yang terjadi pada manusia:

 

 

Fobia sosial

 

 

Fobia sosial yaitu ketakutan yang terkait dengan situasi sosial, juga dipilih dengan diagnosis yang unik. Jenis-Jenis Fobia

 

 

Gejala gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial bisa tampak khususnya dalam situasi berikut: Jenis-Jenis Fobia

 

 

  Berkencan
  Bertatapan mata dengan orang lain
  Berinteraksi dengan orang asing
  Makan di hadapan orang lain
  Bekerja atau bersekolah
  Memasuki ruangan penuh orang
  Menghadiri pesta atau acara pertemuan

 

 

Fobia spesifik

 

 

Fobia spesifik adalah kategori luas dari fobia unik yang terkait dengan objek dan situasi tertentu. Fobia spesifik mempengaruhi sekitar 12,5 persen orang dewasa Amerika. Jenis-Jenis Fobia

 

 

Kategori Fobia

 

 

Fobia datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Karena jumlah objek dan situasi yang tidak terbatas, daftar fobia spesifiknya cukup panjang. Menurut DSM, fobia spesifik biasanya termasuk dalam lima kategori umum yaitu: Jenis-Jenis Fobia

 

 

  • Ketakutan yang berhubungan dengan binatang (laba-laba, anjing, serangga).
  • Ketakutan terkait dengan lingkungan alam (ketinggian, guntur, kegelapan).
  • Ketakutan yang berkaitan dengan darah, cedera, atau masalah medis (suntikan, patah tulang, jatuh).
  • Ketakutan yang terkait dengan situasi tertentu (terbang, naik lift, mengemudi).
  • Ketakutan lainnya (tersedak, suara keras, tenggelam).

 

 

Kategori-kategori ini mencakup objek dan situasi tertentu yang jumlahnya tak terbatas. Tidak ada daftar resmi fobia selain yang diuraikan dalam DSM, jadi dokter dan peneliti membuat nama untuk mereka saat diperlukan. Ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan awalan Yunani (atau terkadang Latin) yang menggambarkan fobia dengan akhiran -fobia.

 

 

Misalnya, ketakutan akan air dinamai dengan menggabungkan hidro (air) dan fobia (ketakutan). Ada juga yang namanya ketakutan akan ketakutan (fonofobia). Ini sebenarnya lebih umum dari yang Anda bayangkan. Orang dengan gangguan kecemasan terkadang mengalami serangan panik saat berada dalam situasi tertentu. Serangan panik ini bisa sangat tidak nyaman sehingga orang melakukan apa saja untuk menghindarinya di masa depan.

 

 

 

Macam-macam fobia

 

 

Fobia umum

 

 

Sebuah survei tahun 1998 terhadap lebih dari 8.000 responden yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry Trusted Source menemukan bahwa beberapa fobia yang paling umum meliputi:

 

 

  Takut ketinggian (acrophobia).
  Takut naik pesawat terbang (aerophobia).
  Takut laba-laba (arachnofobia).
  Takut akan guntur dan kilat atau cuaca ekstrem (astraphobia).
  Takut sendirian (autophobia).
  Takut akan ruang terbatas atau sempit (claustrophobia).
  Takut darah (hemofilia).
  Takut air (hidrofobia).
  Takut pada ular (ophidiophobia).
  Takut pada binatang (zoophobia).

 

 

Fobia unik

 

 

Fobia unik cenderung sangat spesifik. Beberapa sedemikian rupa sehingga hanya dapat mempengaruhi segelintir orang pada satu waktu. Ini sulit untuk diidentifikasi karena kebanyakan orang tidak melaporkan ketakutan yang tidak biasa kepada dokter mereka.

 

 

Contoh fobia yang tidak biasa meliputi:

 

 

  Takut pada ayam (Alektorophobia).
  Takut nama atau kata tertentu (onomatophobia).
  Takut pada jenggot (pogonophobia).
  Takut pada awan (nephophobia).
  Takut cuaca dingin atau menyentuh benda dingin (acrophobia).

 

 

Misalnya, jika Anda mengalami serangan panik saat berlayar, Anda mungkin takut berlayar di masa mendatang, tetapi Anda mungkin juga takut akan serangan panik atau takut terkena hidrofobia. Daftar fobia umum Mempelajari fobia spesifik adalah proses yang rumit. Kebanyakan orang tidak mencari pengobatan untuk kondisi ini, sehingga sebagian besar kasus tidak dilaporkan. Fobia ini juga bervariasi berdasarkan pengalaman budaya, jenis kelamin, dan usia.

 

 

Jika Anda mengidap fobia, apapun jenis fobia yang anda miliki sekalipun ringan atau bahkan berat sebaiknya konsultasikan dengan ahli agar Anda terhindar dari kerugian akibat fobia tersebut. Tetap semangat!

 

 

 

Dhila Cristine

Just an introvert working as a Journalist and Content Writer.