Cara Menabung Emas di DANA, Mudah dan Aman Bagi pemula

39
Ilustrasi Cara Menabung Emas di DANA

Emas telah lama digemari sebagai instrumen investasi dan tabungan yang aman dan stabil. Di tengah fluktuasi ekonomi, emas seringkali menjadi pilihan untuk melindungi nilai kekayaan. 

Cara menabung emas juga semakin mudah karena banyak bank, baik konvensional maupun digital, menyediakan layanan tabungan emas. Salah satu bank digital yang dapat digunakan untuk menabung emas adalah DANA.

Lantas, bagaimana cara menabung emas di DANA?

Cara Menabung Emas di DANA

Melansir laman resmi DANA, platform dompet digital DANA menginisiasi sebuah fitur baru di aplikasinya bernama DANA eMAS. Fitur ini diperuntukkan sebagai solusi bagi pengguna yang ingin menabung dan menginvestasikan emas dengan mudah dan aman. 

Melalui fitur DANA eMAS, masyarakat bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau seharga kurang dari Rp10.000 tanpa ada biaya tambahan. Pembelian emas juga diklaim aman, karena setiap transaksi tercatat di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dan emas fisiknya dijamin oleh KBI (Kliring Berjangka Indonesia). 

Dengan berinvestasi emas lewat DANA eMAS, masyarakat tidak akan kesulitan. Masyarakat tak perlu repot datang ke gerai resmi penjualan logam mulia seperti ANTAM atau Pegadaian. 

Cukup dari rumah dan lewat dompet digital DANA yang terpasang di smartphone. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, pengguna harus memperbarui ke akun DANA premium terlebih dahulu. 

Caranya cukup mudah, yakni bermodalkan KTP dan foto diri (selfie). 

Sebagai informasi, melalui fitur DANA eMAS, pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp 10.000 secara langsung tanpa biaya tambahan. 

Selain melakukan jual dan beli, pengguna juga bisa membeli emas dengan memanfaatkan program cicilan 3-2 setahun. Berikut langkah-langkah cara menabung emas di DANA.

  1. Buka aplikasi DANA dan pilih menu eMAS.
  2. Pilih tombol ‘Beli/Buy eMAS’.
  3. Tekan ‘Lanjutkan/Continue’.
  4. Pilih nominal gram emas yang diinginkan atau gunakan nominal dalam rupiah, jika Anda lebih memilih pembelian berdasarkan jumlah saldo dalam rupiah yang diinginkan, lalu klik ‘Beli/Buy’.
  5. Pastikan pembelian Anda sudah sesuai sebelum Anda klik ‘Konfirmasi/Confirm’.
  6. Anda telah berhasil membeli emas di DANA setelah mendapatkan notifikasi tertentu atau dengan melakukan pengecekan saldo yang bertambah pada halaman beranda eMAS. 

Lalu, bagaimana jika ingin menjual emas tersebut? Mengutip dalam laman HelpDesk milik DANA, berikut cara menjualnya:

  1. Buka aplikasi DANA & pilih menu eMAS.
  2. Tekan menu ‘Jual eMAS’.
  3. Masukkan jumlah gram eMAS yang akan dijual. eMAS akan menghitung harga jual berdasarkan informasi harga emas terkini dari Pluang.
  4. Tekan menu ‘Jual’ untuk menampilkan detail penjualan eMAS-mu. Selanjutnya, tekan ‘Konfirmasi’.
  5. Hasil penjualan eMAS akan diproses & langsung masuk ke Saldo DANA atau rekening bank yang tertera.

DANA juga mengembangkan fitur Notifikasi Harga Emas. Melalui fitur ini, pengguna terbantu dalam membuat keputusan tentang kapan waktu yang tepat untuk membeli emas.

emas dianggap sebagai safe haven, karena menjadi pelindung nilai di saat terjadinya krisis. Nilai emas cenderung stabil dan bersifat liquid atau mudah dicairkan (diperjual-belikan).

Selain dapat membeli emas secara digital, kini masyarakat juga bisa melakukan tarik emas fisik. Setelah ditarik pun, masyarakat juga bisa langsung meminta untuk diantar ke alamat sesuai konfirmasi. 

Layanan baru tarik emas fisik pada fitur DANA eMAS dikembangkan berdasarkan perilaku konsumen dalam berinvestasi emas.  

Keuntungan Menabung Emas di DANA

Menurut Frento T. Suharto, SH. MM dalam bukunya berjudul Harga Emas Naik atau Turun, Kita Tetap Untung, harga emas di Indonesia terus meroket sepanjang tahun dan telah naik lebih dari 25%. Hal ini membuat menabung emas menjadi salah satu cara investasi yang cukup mumpuni. 

Terlebih menabung emas di layanan bank digital seperti DANA menawarkan berbagai keuntungan  dibandingkan cara menyimpan emas lainnya. Berikut beberapa keuntungan menabung emas di DANA.

Mudah dan Praktis

Transaksi pembelian dan penjualan emas bisa dilakukan secara online melalui aplikasi atau website DANA. Hal ini memudahkan Anda berinvestasi tanpa perlu repot datang ke bank.

Keamanan Terjamin

Emas Anda disimpan di brankas bank yang berstandar keamanan tinggi.  Anda tak perlu khawatir kehilangan atau kerusakan fisik emas seperti pada penyimpanan mandiri.

Fleksibel

Anda dapat membeli emas dengan nominal kecil sesuai kemampuan finansial. Selain itu, Anda bebas melakukan jual beli emas kapan saja sesuai dengan kondisi pasar dan kebutuhan Anda.

Biaya Terjangkau

Biaya administrasi untuk menabung emas di bank umumnya relatif rendah. Beberapa bank bahkan menawarkan biaya khusus untuk pembelian atau penjualan rutin.

Perlindungan Nilai Kekayaan

Emas dikenal sebagai investasi yang stabil dan cenderung mengalami kenaikan harga dalam jangka panjang. Hal ini membantu melindungi nilai kekayaan Anda dari inflasi atau penurunan nilai mata uang.

Diversifikasi Portofolio

Menabung emas bisa menjadi cara untuk mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Dengan memiliki aset selain instrumen keuangan tradisional, Anda dapat mengurangi resiko kerugian secara keseluruhan.

Demikian ulasan cara menabung emas di DANA dan beberapa keuntungannya. Meskipun terdapat keuntungan yang menarik, ada baiknya Anda juga memahami kelemahan dari menabung emas di bank sebelum memutuskan untuk berinvestasi

Ivan Firmansyah
WRITTEN BY

Ivan Firmansyah

SEO expert with a proven track record of boosting organic search visibility. Skilled in technical SEO, keyword research, on-page optimization, and link building. Successfully spearheaded campaigns that resulted in a 30% increase in high-quality leads, driving sales growth.