9 Cara Menabung 100 Juta Dalam 1 Tahun, Cocok untuk Gaji UMR

22

Cara menabung 100 juta dalam 1 tahun mungkin terdengar mustahil bagi sebagian orang. Namun, dengan strategi dan disiplin yang tepat, hal ini bukan tidak mungkin untuk dicapai. 

Dikutip dari buku Investing is Easy (2020) karya Raymond Budiman, menabung dengan disiplin dan penuh strategi adalah kunci untuk mencapai stabilitas finansial. Dengan disiplin dan penuh strategi, Anda dapat memaksimalkan hasil tabungan Anda dan mencapai tujuan keuangan Anda dengan lebih cepat.

Cara Menabung 100 Juta dalam 1 Tahun

Bagi kebanyakan orang menyimpan uang atau menabung mungkin sulit dilakukan karena satu dan lain hal. Namun, apabila sudah memiliki tujuan, maka yang Anda perlukan hanyalah konsistensi dan tekad yang kuat.

Perlu diingat, jika ingin sukses mengumpulkan uang 100 juta dalam setahun, tentukan terlebih dahulu berapa nominal tetap yang akan kamu sisihkan setiap bulannya. Misalnya, apabila kamu rutin menabung sebesar 5 juta setiap bulannya, maka perkiraan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan uang 100 juta adalah 1 tahun 8 bulan.

Namun tentunya perkiraan nominal tetap yang akan ditabung ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Lantas, bagaimana cara menabung 100 juta dalam 1 tahun.

1. Temukan Pondasi untuk Menabung

Cara pertama untuk menabung 100 juta dalam 1 tahun yang pertama adalah cari fondasi dan alasan menabung yang kuat. Dengan menemukan apa yang menjadi alasan kuat untuk menabung, kamu akan mengambil langkah-langkah dan mengikuti berbagai tips untuk mencapai target jumlah tabungan tertentu dalam waktu tertentu.

Semakin kuat alasan kamu untuk menabung, maka semakin kuat pula dorongan kamu untuk melaksanakannya. Pada akhirnya, semakin cepat juga rencana tersebut terwujud.

Untuk itu, mulailah dengan mencari alasan yang kuat bagi kamu untuk bisa menemukan cara menabung 100 juta dalam setahun.

2. Pahami Kondisi Finansial Saat Ini

Hal terpenting yang perlu dilakukan agar target menabung bisa tercapai adalah memahami kondisi keuangan. Cek berapa jumlah pemasukan yang didapat dan catat total pengeluaran tiap bulannya.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan dan mengetahui berapa dana tersisa yang dapat digunakan untuk menabung secara rutin. 

3. Cari Penghasilan Tambahan

Setelah mengetahui kondisi keuangan dan alokasi dana yang tersisa untuk ditabung, kamu tentu dapat memperkirakan apakah nominalnya cukup untuk mencapai target menabung sesuai jangka waktu yang ditentukan atau tidak.

Jika ternyata belum cukup, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menambah penghasilan. Ada beberapa cara untuk menambah sumber penghasilan. 

Contohnya adalah melakukan kerja sampingan, memulai bisnis kecil, dan lain sebagainya. Yang terpenting, jangan sampai aktivitas tersebut mengganggu sumber penghasilan utama hingga berisiko mengganggu produktivitas.

4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Cara menabung 100 juta dalam 1 tahun selanjutnya adalah mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Selesai mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan yang kamu miliki, kamu bisa mulai scanning¸apa-apa saja pengeluaran yang seharusnya tidak ada. 

Contoh, pengeluaran beli kopi yang terlalu over, belanja online yang tidak perlu. Atau jalan-jalan tanpa tujuan yang jelas, dan berujung menyebabkan impulsive buying.

Coret beberapa pengeluaran, yang tidak lagi penting. Sampai kamu menemukan beberapa hal yang memang dibutuhkan sebagai pengeluaran pokok kamu dalam sebulan. 

Mengurangi banyak hal yang tidak penting, tidak hanya soal uang. Namun juga barang-barang di rumah kamu, baju yang terlalu banyak, tas, sepatu, koleksi yang sebenarnya tidak lagi essential.

Barang-barang tersebut bisa dikeluarkan, donasi kan atau di jual. Dengan begitu, rumah jadi lapang, pikiran lebih tenang, membuat kamu juga lebih produktif. Barang yang kamu jual pun keuntungannya bisa untuk menambah tabungan kamu.

5. Hindari Pinjol atau Pinjaman Online

Belakangan ini, banyak orang menggunakan pinjaman online sebagai solusi untuk mengatasi masalah keuangan bila dalam keadaan yang kepepet. Padahal, sebenarnya cara ini harus dihindari, apalagi jika kamu ingin menabung Rp100 juta dalam 1 tahun.

Pinjol memiliki bunga yang cukup tinggi, sehingga bukannya memberikan solusi tapi malah kamu akan terjebak untuk membayar bunga pinjaman seumur hidupmu.

6. Pisahkan Tabungan

Pastinya setelah gajian Anda tergoda untuk belanja ini itu, nah biasakan untuk langsung menabung sesaat setelah menerima gaji. Dengan begini, uang tabungan Anda akan aman. 

Tempat Anda menabung, tergantung dari tujuan keuangan Anda. Jika untuk dana darurat Anda bisa menabung dalam bentuk liquid.

Atau jika tujuan keuangannya untuk DP rumah, atau usaha, lebih baik letakan di deposito atau reksadana, logam mulia dan lainnya. Agar menghindari inflasi yang tinggi, pilihan mengikuti investasi juga bisa menaikan jumlah uang.

Tentunya Anda harus belajar lebih lagi agar bisa memilih investasi dengan tepat.

7. Gunakan Metode Pengelolaan Keuangan

Cara menabung 100 juta dalam 1 tahun selanjutnya adalah mengelola keuangan dengan penuh strategi. Menggunakan metode persentase banyak dipilih orang karena bisa mengelola keuangannya dengan baik. 

Anda juga bisa mencoba, berikut beberapa metodenya :

Metode 10-20-30-40

  • 10 % Hiburan atau beramal
  • 20 % tabungan atau investasi
  • 30 % Cicilan Produktif
  • 40 % Kebutuhan Pokok Sehari-hari

Metode 50-20-30

  • 50 % Kebutuhan Pokok
  • 20 % Tabungan atau investasi
  • 30 % Keinginan atau Cicilan Produktif

Metode 50-30-10-10

  • 50 % Kebutuhan Pokok
  • 30 % Cicilan Produktif
  • 10 % Tabungan atau investasi
  • 10 % untuk Dana Harian

Metode 60-20-20

  • 60 % Kebutuhan Pokok
  • 20 % Tabungan atau investasi
  • 20 % Keinginan atau Cicilan Produktif

8. Hindari Penambahan Kredit Baru

Sekali lagi, jangan biarkan keinginan bertambah ketika penghasilan bertambah. Bila sebelumnya hanya memiliki sepeda motor, sekarang ingin membeli mobil.

Kalau sebelumnya cuma pakai kipas angin, sekarang menginginkan AC. Keinginan ini akan terus bertambah bila kamu tidak segera menghentikannya.

Beban akan bertambah bila menggunakan fasilitas kredit untuk memiliki barang-barang tersebut. Jadi, ketika kamu sudah memutuskan untuk menabung, buatlah dirimu puas dengan apa yang kamu miliki sekarang.

9. Menabung Sambil Berinvestasi

Cara menabung 100 juta dalam 1 tahun yang terakhir adalah menabung sambil investasi. Ternyata ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan nilai tabungan kamu, yaitu dengan menabung sekaligus berinvestasi. 

Menabung saja hanya meningkatkan jumlah uang yang kamu tabung. Berbeda dengan menabung sekaligus berinvestasi. Ada kemungkinan peningkatan nilai investasi.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa dicoba pemula misalnya, reksadana, emas, deposito, saham, dan lain sebagainya.

Ivan Firmansyah
WRITTEN BY

Ivan Firmansyah

SEO expert with a proven track record of boosting organic search visibility. Skilled in technical SEO, keyword research, on-page optimization, and link building. Successfully spearheaded campaigns that resulted in a 30% increase in high-quality leads, driving sales growth.