5 Cara Menabung 10 Ribu Per Hari dengan Konsisten

25

Menabung sering kali dianggap sebagai hal yang sulit, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan terbatas. Beberapa orang mengaku sulit untuk menyisihkan uang mereka untuk ditabung.

Padahal menurut Seto Mulyadi atau Kak Seto dalam buku Financial Parenting: Menjadikan Anak Cerdas dan Cermat (2012), kebiasaan menabung harus dimulai sejak kecil. Hal ini dapat dilakukan dengan nominal yang kecil seperti Rp 10.000 saja.

Siang sangka dari kebiasaan menabung 10 ribu perhari dapat menghasilkan puluhan juta dalam setahun. Dengan catatan, hal ini dilakukan dengan konsisten.

Cara Menabung 10 Ribu Per Hari dengan Konsisten

Berikut cara menabung 10 ribu per hari dengan konsisten agar dapat mencapai tujuan keuangan. 

1. Temukan Alasan untuk Menabung

Cara pertama agar konsisten menabung 10 ribu per hari adalah cari alasan menabung yang kuat. Dengan menemukan apa yang menjadi alasan kuat untuk menabung, kamu akan mengambil langkah-langkah dan mengikuti berbagai tips untuk mencapai target jumlah tabungan tertentu dalam waktu tertentu.

Semakin kuat alasan kamu untuk menabung, maka semakin kuat pula dorongan kamu untuk melaksanakannya. Pada akhirnya, semakin cepat juga rencana tersebut terwujud.

2. Mencatat Pengeluaran

Dengan mengelola pengeluaran per bulan, kamu bisa mengetahui apa saja biaya yang sangat penting sampai tidak penting. Kamu bisa mulai membuat rencana anggaran dengan menggunakan aplikasi keuangan yang dapat diunduh di Google Play Store maupun AppStore.

Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan membuat persentase pengeluaran untuk memudahkan saat mengelola keuangan pribadi. Misalnya dari 100% gaji yang diperoleh bisa dibagi menjadi beberapa persentase berikut:

  • 20% untuk menabung
  • 10% untuk zakat
  • 30% untuk makan, listrik dan air
  • 10% untuk tabungan darurat
  • 30% untuk keperluan pribadi dan liburan

Persentase ini tetap bisa disesuaikan bergantung dengan jumlah penghasilan dan target jumlah tabungan. Misal jika penghasilan Rp 1.000.000 lalu dialokasikan untuk tabungan 20%, Anda memiliki tabungan per hari sebesar Rp 10.000. Sehingga saat dikali 5 bulan, tabungannya bisa mencapai Rp 1.500.000.

3. Pisahkan Tabungan

Cara menabung 10 Ribu per hari dengan konsisten selanjutnya adalah memisahkan tabungan. Dengan memisahkan uang tabungan, Anda tidak akan tergoda memakai uang yang sedang dikumpulkan.

Dengan memisahkan tabungan untuk tujuan yang berbeda, Anda dapat fokus pada setiap tujuan dan mencapainya dengan lebih cepat. Selain itu, dengan memisahkan tabungan, Anda dapat melacak kemajuan Anda untuk setiap tujuan dengan lebih mudah dan melihat bagaimana tabungan Anda berkembang.

4. Gunakan Aplikasi Menabung

Menabung 10 ribu sehari memang mudah dilakukan, namun untuk mencapai target yang besar, Anda membutuhkan waktu yang lama. Nah, untuk mempercepat proses menabung, Anda bisa menggunakan aplikasi menabung.

Aplikasi menabung dapat membantu Anda melacak pengeluaran dan pemasukan dengan mudah. Anda dapat melihat kemana uang Anda pergi dan menemukan area yang dapat dihemat.

Beberapa aplikasi menabung menyediakan fitur untuk membantu Anda menyusun rencana menabung yang realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda. Anda dapat mengatur pengingat otomatis di aplikasi menabung agar tidak lupa menabung setiap hari.

5. Selalu Simpan Recehan

Jika sudah membuat catatan pengeluaran dan proyeksi tabungan, maka berikutnya adalah mulailah menabung. Kebiasaan simpel yang bisa dilakukan adalah selalu menyimpan recehan atau kembalian dengan berbagai nominal, mulai dari Rp 500, Rp 1.000, Rp 5.000, hingga Rp 10.000.

Kumpulkan recehan atau kembalian tersebut dan sisihkan sebagian sebagai tabungan bulanan. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga menjadi kebiasaan.

Demikian cara menabung 10 ribu per hari agar konsisten. Menabung 10 ribu sehari mungkin tampak kecil, tetapi dengan konsistensi dan disiplin, hal ini dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda. 

Ivan Firmansyah
WRITTEN BY

Ivan Firmansyah

SEO expert with a proven track record of boosting organic search visibility. Skilled in technical SEO, keyword research, on-page optimization, and link building. Successfully spearheaded campaigns that resulted in a 30% increase in high-quality leads, driving sales growth.