6 Cara Menabung 5 Juta dalam 5 Bulan dengan Mudah

19

Cara menabung 5 juta dalam 5 bulan bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Baik bagi kamu yang memiliki penghasilan besar maupun tidak. 

Untuk mencapai target, kamu harus menyisihkan uang kurang lebih Rp 1.000.000 setiap bulan. Dalam prosesnya, menabung terasa sulit dilakukan karena tidak memakai strategi yang tepat. 

Selain itu, kebiasaan menabung yang tidak konsisten dan disiplin juga akan membuat kita sulit untuk mencapai target. Simak ulasan tips dan strategi cara menabung 5 juta dalam 5 bulan dengan mudah berikut ini.

Cara Menabung 5 Juta dalam 5 Bulan

Ada beberapa cara dan strategi agar kamu bisa menabung 5 juta dalam 5 bulan. Namun perlu diingat, agar bisa mencapai target, maka perlu dilakukan secara konsisten dan disiplin.

Berikut cara menabung 5 juta dalam 5 bulan yang mudah dilakukan.

1.Menurunkan Jumlah Uang yang akan Ditabung Setiap Bulannya

Agar saat menabung 5 juta dalam waktu 5 bulan tidak terasa berat maka bisa mengurangi jumlah simpanan setiap bulannya menggunakan metode berikut:

Menyimpan Rp 1,5 Juta di Bulan ke- 1

Sebagai tanda memiliki niat yang kuat bisa menyisihkan Rp 1.500.000 bulan pertama di rekening tabungan. Bisa juga dibagi satu bulan, jadi per hari Anda bisa menyisihkan Rp 50.000 untuk bulan pertama.

Kurangi Rp 200 Ribu di Bulan ke-2

Memasuki bulan kedua bisa dikurangi Rp 200 ribu, jadi hanya perlu menyimpan Rp 1.200.000 saja. Jika ingin dibagi satu bulan 30 hari maka besar simpanannya bisa mencapai Rp 40.000.

Kurangi Rp 100 Ribu dari Bulan ke 3-5

Bulan ke-3 Anda bisa menyimpan Rp 1.100.000, jika dibagi 30 hari maka bisa menyisihkan Rp 35.000. Lanjutkan hingga tabungan ada sesuai dengan nominal yang kamu inginkan.

2. Menganalisa Penghasilan

Untuk bisa mencapai tabungan 5 juta dalam waktu 5 bulan membutuhkan analisa penghasilan karena bagaimanapun menabung harus dilakukan secara realistis. Untuk menyisipkan Rp 1.000.000 setiap bulan bisa dicapai jika gaji minimal Rp 4 juta an.

Dengan menganalisa penghasilan kamu, membuat anggaran yang realistis, dan menerapkan strategi menabung yang efektif, kamu dapat mencapai target menabung Anda.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Jika pemasukan bulanan kamu tidak memungkinkan untuk menabung 1 juta per bulan, maka kamu bisa mencari penghasilan tambahan di luar pemasukan utama.

Misalnya dengan mencari pekerjaan freelance atau part time yang sesuai kemampuanmu. Anda juga bisa membuka bisnis kecil-kecilan, seperti berjualan makanan atau jasa mengerjakan tugas.

4. Mencatat Pengeluaran

Cara selanjutnya agar dapat menabung 5 juta dalam 5 bulan yang bisa dilakukan dengan membuat persentase pengeluaran untuk memudahkan saat mengelola keuangan pribadi. Misalnya dari 100% gaji yang diperoleh bisa dibagi menjadi beberapa persentase berikut:

  • 20% untuk menabung
  • 10% untuk zakat
  • 30% untuk makan, listrik dan air
  • 10% untuk tabungan darurat
  • 30% untuk keperluan pribadi dan liburan

Persentase ini tetap bisa disesuaikan bergantung dengan jumlah penghasilan dan target jumlah tabungan. Misal jika penghasilan Rp 5.000.000 lalu dialokasikan untuk tabungan 20%, Anda memiliki tabungan per bulan sebesar Rp 1.000.000. Sehingga saat dikali 5 bulan, tabungannya bisa mencapai Rp 5.000.000.

5. Selalu Simpan Recehan

Jika sudah membuat catatan pengeluaran dan proyeksi tabungan, maka berikutnya adalah mulailah menabung. Kebiasaan simpel yang bisa dilakukan adalah selalu menyimpan recehan atau kembalian dengan berbagai nominal, mulai dari Rp500, Rp1.000, Rp5.000, hingga Rp10.000.

Kumpulkan recehan atau kembalian tersebut dan sisihkan sebagian sebagai tabungan bulanan. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga menjadi kebiasaan.

6. Hidup Hemat

Tips berikutnya adalah dengan membiasakan hidup hemat. Sebab gaya hidup atau kebiasaanlah yang menjadi salah satu hambatan terbesar saat menabung.

Misalnya kurangi kebiasaan membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan atau jarang dipakai.


Demikian ulasan mengenai cara menabung 5 juta dalam 5 bulan. Dengan strategi dan tips yang tepat, target menabung 5 juta dalam 5 bulan dapat tercapai. Ingat, kunci utama adalah konsisten dan disiplin dalam menabung.

Ivan Firmansyah
WRITTEN BY

Ivan Firmansyah

SEO expert with a proven track record of boosting organic search visibility. Skilled in technical SEO, keyword research, on-page optimization, and link building. Successfully spearheaded campaigns that resulted in a 30% increase in high-quality leads, driving sales growth.