6 Cara Menabung 100 Juta dalam 2 Tahun: Strategi dan Tips

22

Cara menabung 100 juta dalam 2 tahun mungkin terdengar tidak mungkin bagi sebagian orang. Namun, hal ini tetap bisa terwujud dengan tips dan strategi khusus.

Dikutip dari buku Menabung atau Berinvestasi? (2024) karya Kevin Sudrajat, kebiasaan menabung akan menghasilkan kondisi finansial yang lebih baik. Kunci sukses menabung adalah konsisten saat melakukannya agar target cepat tercapai. 

Membentuk kebiasaan menabung secara konsisten dan disiplin memang bukan hal yang gampang, tapi bukan mustahil untuk dilakukan.

Cara Menabung 100 Juta dalam 2 Tahun 

Menabung 100 juta dalam 2 tahun merupakan target yang ambisius, tetapi bukan berarti mustahil. Dengan disiplin, strategi yang tepat, kamu dapat mencapai tujuan ini. 

Berikut beberapa tips untuk cara menabung 100 juta dalam 2 tahun.

1. Kurangi Hal yang Tidak Penting

Cara menabung 100 juta dalam 2 tahun yang pertama adalah mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Selesai mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan yang kamu miliki, kamu bisa mulai scanning¸apa-apa saja pengeluaran yang seharusnya tidak ada. 

Contoh, pengeluaran beli kopi yang terlalu over, belanja online yang tidak perlu. Atau jalan-jalan tanpa tujuan yang jelas, dan berujung menyebabkan impulsive buying.

Coret beberapa pengeluaran, yang tidak lagi penting. Sampai kamu menemukan beberapa hal yang memang dibutuhkan sebagai pengeluaran pokok kamu dalam sebulan. 

Mengurangi banyak hal yang tidak penting, tidak hanya soal uang. Namun juga barang-barang di rumah kamu, baju yang terlalu banyak, tas, sepatu, koleksi yang sebenarnya tidak lagi essential.

Barang-barang tersebut bisa dikeluarkan, donasi kan atau di jual. Dengan begitu, rumah jadi lapang, pikiran lebih tenang, membuat kamu juga lebih produktif. Barang yang kamu jual pun keuntungannya bisa untuk menambah tabungan kamu.

2. Hindari Pinjaman Online atau Pay Letter

Keinginan hidup yang tinggi menyebabkan banyak orang menggunakan pinjaman online atau layanan pay letter untuk solusi keuangannya saat kepepet. Padahal, cara ini harus dihindari, apalagi bagi anda yang ingin menabung 100 juta dalam 2 tahun. 

Pinjol memiliki bunga yang cukup tinggi, bukannya memberikan solusi tapi sebaliknya, malah akan menjebak kamu nantinya.

3. Pisahkan Tabungan untuk Menabung

Pastinya setelah gajian kamu tergoda untuk belanja ini itu, biasakan untuk langsung menabung sesaat setelah menerima gaji. Dengan begini, uang tabungan kamu akan aman. 

Tempat kamu menabung, tergantung dari tujuan keuangan kamu. Jika untuk dana darurat kamu bisa menabung dalam bentuk liquid.

Atau jika tujuan keuangannya untuk DP rumah, atau usaha, lebih baik letakan di deposito atau reksadana, logam mulia dan lainnya. Agar menghindari inflasi yang tinggi, pilihan mengikuti investasi juga bisa menaikan jumlah uang.

Tentunya kamu harus belajar lebih lagi agar bisa memilih investasi dengan tepat.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Menabung 100 juta tentu bukan hal yang mudah, membutuhkan banyak effort dalam mencapainya, tapi juga bukanlah hal yang mustahil. Agar dapat menambah isi tabungan bukan hanya tentang pengelolaannya saja, menambah income juga bisa jadi solusi.

Misalnya dengan mencari pekerjaan freelance atau part time yang sesuai kemampuanmu. kamu juga bisa membuka bisnis kecil-kecilan, seperti berjualan makanan atau jasa mengerjakan tugas.

5. Buat Proyeksi Keuangan

Salah satu cara menabung 100 juta dalam 2 tahun dapat dicapai dengan menerapkan teori 50/20/30. Teori menabung 50/20/30 ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren yaitu seorang profesor Harvard sekaligus seorang pakar keuangan. 

Dalam teori ini, Warren menyarankan untuk mengalokasikan pendapatan ke dalam 3 pos yaitu 50% untuk kebutuhan harian, 20% menabung dan 30% untuk gaya hidup. Teori ini cocok diterapkan oleh kamu yang memiliki penghasilan 20 juta sebulan jika menabung dialokasikan 20%. 

Meski begitu, bagi kamu yang memiliki penghasilan 6 juta an tetap bisa melakukannya dengan mengurangi gaya hidup atau kebutuhan harian yang tidak urgent.

6.  Mengalihkan Dana untuk Investasi

Menabung secara konvensional terkadang memakan waktu lebih lama untuk bisa mencapai target. Untuk mengoptimalkannya, bisa mengalihkan dana tabungan untuk investasi. 

Namun pastikan investasi yang diikuti memang aman. Cara menabung 100 juta dalam  2 tahun bisa dicapai melalui investasi seperti emas karena harganya cenderung stabil bahkan bisa meningkat seiring waktu. 

Selain itu, kamu bisa investasi di reksadana bagi investor pemula karena minim resiko atau investasi peer to peer (P2P) lending mengingat bunga bisa tinggi hingga 21% per tahun.

Demikian ulasan cara menabung 100 juta dalam  2 tahun. Menabung 100 juta dalam  2 tahun membutuhkan disiplin dan komitmen. 

Namun, dengan strategi dan tips yang tepat, kamu dapat mencapai tujuan keuangan dan mewujudkan impian kamu.

Ivan Firmansyah
WRITTEN BY

Ivan Firmansyah

SEO expert with a proven track record of boosting organic search visibility. Skilled in technical SEO, keyword research, on-page optimization, and link building. Successfully spearheaded campaigns that resulted in a 30% increase in high-quality leads, driving sales growth.