• 29 Sep, 2022

Kalian Harus tau! 8 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan!

Kalian Harus tau! 8 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan!

 

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan! - Kangkung sering disepelekan karena harganya yang relatif murah. Biasanya, kangkung tumbuh di daerah sawah, pinggiran sungai, hingga kebun. Sayuran ini juga dianggap sebagai penyebab kantuk. Padahal banyak sekali manfaat dan kandungan kangkung untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak kandungan gizi dan nutrisi, seperti vitamin ,mineral, serat, antioksidan, dan masih banyak lagi. Lalu, apa saja

 

 

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan
 

image by ezfreshmy.com

 

 

Dapat Melawan Radikal Bebas

 

 

Kangkung tidak hanya lezat, tetapi juga punya segudang manfaat yang jarang diketahui. Kangkung mengandung vitamin A, vitamin C, dan bersifat antioksidan yang berupa flavonoid. Antioksidan berperan untuk menangkal radikal bebas, sehingga mencegah racun masuk ke dalam tubuh.

 

 

Radikal bebas menjadi penyebab kerusakan pada sel, jaringan, hingga organ tubuh. Maka dari itu, perlu kandungan yang dapat menangkal radikal bebas guna menghindari dari berbagai macam penyakit seperti diabetes dan kanker.

 

 

Efektif Menjaga Kesehatan Mata

 

 

Sayuran khas Indonesia ini mengandung vitamin A, karotenoid, dan lutein yang dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A akan berperan melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu, vitamin A termasuk komponen penting untuk pembentukan rhodopsin atau protein mata yang menjaga ketajaman di tempat yang minim akan cahaya. Hanya dengan rutin mengonsumsi kangkung, ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mata.

 

 

Menjaga Kesehatan Jantung

 

 

Manfaat dan kandungan kangkung adalah mempunyai banyak nutrisi dan vitamin yang mampu menyehatkan jantung dan mencegah terjadinya penyumbatan akibat kolesterol berlebih. Kangkung mempunyai kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Nutrisi tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya pembentukan kolesterol.

 

 

Kolesterol teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga menyebabkan serangan jantung, stroke, hingga penyumbatan arteri. Adanya kandungan folat dapat membantu mengubah bahan kimia yang berbahaya, sementara magnesium akan berperan menurunkan tekanan darah agar terhindar dari penyakit jantung.

 

 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

 

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan selanjutnya adalah terdapat Vitamin C dan A yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Kedua vitamin ini berperan melawan infeksi yang terjadi pada tubuh. Kandungan antioksidan yang berasal dari vitamin A dan C juga melindungi sel imum terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

 

 

Manfaat kangkung bagi tubuh bisa kamu dapatkan secara mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Selain itu, kangkung juga dianggap lebih efektif daripada mengonsumsi suplemen vitamin. Dengan mengonsumsi sayuran hijau ini, efektif meningkatkan kekebalan tubuh maupun pertumbuhan tulang.

 

 

Mencegah Terjadinya Anemia

 

 

Kamu sering merasa pusing, mudah lelah, dan tampak pucat? Bisa jadi, kamu sedang mengalami anemia atau kurangnya kadar darah merah di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, kamu tidak perlu mengonsumsi obat-obatan khusus, bisa dengan rutin memakan kangkung.

 

 

Sayuran hijau ini mengandung vitamin A, B1, C, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor yang berperan penting untuk tubuh dalam pembentukan sel darah merah, sehingga efektif mengatasi anemia atau kurangnya darah merah.

 

 

Dapat Menurunkan Tekanan Darah

 

 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, tentu akan berakibat fatal untuk kesehatan. Solusinya, cobalah untuk mengonsumsi kangkung secara rutin. Manfaat dan kandungan kangkung berupa kalium yang mampu menjaga dan menurunkan tekanan darah, sehingga mencegah tekanan darah tinggi. Namun, konsumsi kangkung secukupnya saja dan sebaiknya tidak berlebihan.

 

 

Mampu Mengobati Penyakit Maag

 

 

Selanjutnya, manfaat kangkung untuk asam lambung dikenal sebagai pengobatan yang cukup efektif. Sebab kandungan vitamin A di dalam kangkung tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata, melainkan juga mempercepat penyembuhan luka. Dengan mengonsumsi kangkung secara rutin, dapat meningkatkan mukosa dalam lambung yang bermanfaat mencegah terjadinya asam lambung.

 

 

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

 

 

Manfaat dan kandungan kangkung yang berupa kalium ternyata dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sayuran hijau ini mengandung mineral dengan kadar air yang tinggi, paling tidak sekitar 90%. Apalagi, tubuh mengandung cairan yang menjaga produktivitas dalam tubuh. Maka, konsumsilah kangkung agar mendapatkan berbagai macam manfaatnya. Kira-kira, itulah manfaat kangkung yang bisa kamu dapatkan. Cara mengolahnya juga mudah, bisa direbus, ditumis, hingga dicampurkan ke dalam jus sebagai minuman. Selamat mencobanya!

 

 

 

 

Dhila Cristine

Just an introvert working as a Journalist and Content Writer.