• 29 Sep, 2022

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Agar Sehat

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Agar Sehat

 

Adanya masalah pada alat reproduksi pasti akan membuat resah orang yang mengalaminya, ketika terjadi masalah pada alat reproduksi di masa tua maka kebanyakan orang akan menyesal karena tidak menerapkan pola hidup yang sehat serta cara – cara menjaga kesehatan alat reproduksi. Oleh karena itu penting menerapkan cara – cara menjaga kesehatan alat reproduksi sejak dini. Namun bagaimana cara menjaga kesehatan alat reproduksi?

 

 

Salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan cara menjaga kebersihan alat kelamin.

 

 

 

cara menjaga kesehatan alat reproduksi
 

Ilustrasi pasangan yang telah menikah image by unsplash

 

 

Berikut adalah penjabaran tentang cara menjaga kesehatan alat reproduksi yang benar.

 

 

Rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat

 

 

Olahraga dapat menyehatkan tubuh serta membantu menjaga kesehatan alat reproduksi terutama pada laki – laki. Namun olahraga ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, lakukan saja secara rutin dan secukupnya kira – kira 2 sampai 3 minggu sekali. Lalu untuk konsumsi makanan sehat ada baiknya banyak mengonsumsi makanan mengandung protein dan vitamin serta konsumsi karbohidrat secukupnya untuk menghindari obesitas.

 

 

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung glikemik tinggi

 

 

Indeks glikemik adalah nilai yang menggambarkan bagaimana makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula juga menyebabkan berbagai potensi penyakit seperti diabetes. Penyakit yang disebabkan oleh kadar gula tinggi sangat berpotensi mengurangi kesuburan terutama pada perempuan, oleh karena itu cobalah mengurangi konsumsi makanan atau minuman dengan indeks glikemik yang tinggi.

 

 

Hindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol

 

 

Baik merokok maupun minum minuman beralkohol bisa menyebabkan menurunnya kualitas alat reproduksi serta apa yang dihasilkan oleh alat reproduksi. Tak hanya bagi laki – laki yang berpotensi lebih besar untuk memiliki kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, namun kebiasaan ini juga harus diwaspadai oleh perempuan. Kurangi melakukan kebiasaan buruk ini dan jika bisa hilangkan kebiasaan buruk tersebut.

 

 

Gunakan alat pelindung saat olahraga

 

 

Biasanya alat pelindung yang dipakai untuk olahraga lebih banyak digunakan oleh laki – laki untuk menghindari benturan. Hal ini juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan seksual pria. Biasanya alat pelindung yang dipakai untuk olahraga lebih banyak digunakan oleh laki – laki untuk menghindari benturan. Hal ini juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan seksual pria.

 

 

Istirahat yang cukup

 

 

Sering kali banyak orang mengabaikan pentingnya istirahat yang cukup, padahal istirahat yang cukup memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan alat reproduksi. Setidaknya manusia harus beristirahat sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari. Istirahat yang cukup juga membantu meredakan stress yang dapat mempengaruhi pula pada kesehatan alat organisasi.

 

 

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan alat reproduksi. Penerapan cara menjaga kesehatan alat reproduksi ini harus dilakukan dengan baik dan serius, jangan meremehkan pola atau gaya hidup sehat yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Jika perlu, Anda juga bisa memeriksakan organ reproduksi secara rutin ke dokter

 

 

Dhila Cristine

Just an introvert working as a Journalist and Content Writer.