• 29 Sep, 2022

4 Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah

4 Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah

Memutihkan kulit wajah serta dapat mencerahkan kulit wajah dengan menggunakan masker alami dengan menggunakan berbagai bahan-bahan alami yang aman

 

Wartaholic.com - Siapa disini yang sering sekali beraktifitas diluar ruangan? Terlebih banyaknya aktivitas di luar ruangan memang bisa loh membuat kulit jadi lebih gelap dan tidak merata. Eitsss, Tapi hal ini bisa kok kalian atasi dengan selalu merawat kulit setiap hari dengan menggunakan Masker Alami untuk Memutihkan Wajah kalian loh. Menjadi cantik adalah dambaan dari semua para wanita, siapa sih yang gak mau menjadi cantik? Kalo aku sih mau hehe. Untuk mencerahkan wajah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker wajah secara rutin

Masker adalah salah satu produk perawatan kulit yang banyak digunakan dan mudah ditemukan. Ternyata, masker yang dibuat secara alami sendiri di rumah juga bisa efektif untuk menutrisi kulit.

Sebenarnya sih produk masker pemutih wajah yang akan dijelaskan adalah produk yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya. Tetapi, dalam memutihkan wajah dengan menggunakan masker ini bekerja mencerahkan kulit wajah sehingga jadi lebih cerah dan glowing juga loh. Ada banyak jenis nih masker pemutih wajah aman yang bisa kamu pilih, mulai dari yang berjenis wash off, peel off hingga sheet mask. Dilansir dari Halodoc.com , Banyak sih cara yang dapat dilakukan dalam memutihkan wajah. Mulai dari perawatan tradisional dengan menggunakan masker alami hingga perawatan menggunakan produk–produk kecantikan, seperti krim pemutih.  Menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah kerap disangsikan karena diduga tidak memberikan hasil yang optimal. Sebenarnya, kalau digunakan secara rutin dan tepat, hasilnya juga bisa memuaskan. Kulit putih dan bersinar juga kini bisa loh kalian peroleh atau kalian dapatkan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti contohnya buah-buahan, rempah-rempah, hingga yoghurt. Berbagai bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai masker alami wajah nih Selain itu, beberapa bahan alami untuk kulit putih pun juga sudah banyak terkandung di dalam produk kecantikan dan perawatan kulit, sehingga lebih praktis dan mudah digunakan.

Lalu, Masker Alami seperti apa yang bisa untuk Memutihkan Wajah dan juga dapat Mencerahkan Wajah ?

Beberapa Rekomendasi Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi masker wajah alami yang bisa  kalian gunakan untuk menjadikan kulit lebih putih dan cerah:

Kulit Jeruk

Siapa nih yang suka banget sama Jeruk? Ternyata Jeruk ini punya manfaat nya juga loh teman-teman. Jadi, kalau kalian sudah makan jeruk nah kulitnya jangan dibuang ya karna efektif untuk dijadikan masker sebagai pemutih wajah sekaligus mencerahkan wajah. Jeruk adalah agen pencerah alami yang bisa membantu meratakan warna kulit. Masker jeruk bisa membantu menyerap minyak tambahan dari wajah. Masker jeruk juga bersifat eksfoliasi dan mendukung kulit yang bersih dan sehat. Jeruk akan membantu mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit.

4 Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah 3

Ilustrasi masker jeruk by okezone

Kulit jeruk dianggap sebagai anugerah bagi kulit, Karena dapat mencegah komedo, sel-sel kulit mati, jerawat dan Noda Hitam. Masker wajah dengan bubuk kulit jeruk ini dapat membantu kalian untuk mengatasinya. Kulit Jeruk juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Kulit Jeruk ini mengandung Vitamin C yang nyatanya baik untuk mencerahkan kulit serta akan membuatnya kian bersinar seperti berlian hehe.

Cara untuk dijadikan masker memutihkan wajah adalah dengan campur 1 sdt bubuk kulit jeruk dan 1 sdt oatmeal, kemudian tambahkan air kedalam campuran sampai terbentuk pasta dengan konsistensi sedang, tidak perlu terlalu kental atau bahkan encer. Lalu, oleskan masker ke kulit wajah dan biarkan selama 15-20 menit setelah itu bilas dengan air dingin. Kulit jeruk kaya akan serat, folat, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, terdapat sejumlah kandungan polifenol yang dapat menangkal beberapa penyakit, Toppers.

Pepaya

Kalian pasti sudah tau sih kalo buah yang satu ini, ya Pepaya. Pepaya ini selain banyak kandungannya ternyata bermanfaat juga loh untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, masker pepaya juga berkhasiat untuk kulit wajah terutama memutihkan wajah. Enzim papain yang terdapat pada pepaya berkhasiat mencerahkan kulit sehingga tampak bercahaya. Berikut ini ada cara membuat masker buah pepaya untuk wajah.

4 Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah 4-1

Masker Pepaya image by Tribunnews

Membuat masker pepaya untuk wajah sebenarnya sama saja dengan membuat masker untuk rambut. Hanya saja untuk masker wajah, kalian harus memastikan bahwa pepaya diblender dengan halus ya, benar-benar halus. Ambil buah pepaya yang sudah matang, kupas kulitnya, buang bijinya dan dagingnya dipotong-potong dadu. Masukkan dalam blender dan giling hingga halus. Jika masih ada bagian yang masih kasar, masukkan kembali dan blender hingga halus . Kalian bisa langsung menerapkan jus pepaya tersebut ke wajah secara merata.

Untuk melembutkan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah (flek hitam), Kalian bisa nih untuk menambahkan madu ke dalam adonan lalu campur hingga rata. Sementara jika kalian mengalami masalah kulit kusam, bisa ditambahkan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon agar kulit wajah terlihat lebih segar. Untuk meningkatkan sirkulasi darah dan kandungan zat dalam pepaya meresap ke dalam kulit, lakukan pemijatan secara halus ya dan Biarkan selama 15-20 menit agar nutrisi terserap sempurna. Setelah masker kering, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut ya.
Ingat jangan menggosok wajah apalagi menggunakan bahan yang kasar karena akan merusak permukaan kulit pada wajah kalian loh.

Alpukat

Teman-teman , kalian tau gak kalau alpukat ini bisa membantu untuk Memutihkan Wajah? Tidak? Hmm.. Yuk, kita simak penjelasannya ya. Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, karena buah ini banyak mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc. Selain rasanya yang lezat, alpukat memiliki segudang manfaat, termasuk untuk wajah. Manfaat alpukat untuk wajah tidak hanya sekedar untuk melembabkan, tapi juga dapat mengurangi munculnya jerawat.

 

 

4 Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah 2

 Ilustrasi wanita perawatan (Credit: Shutterstock)

Menurut Merdeka.com - Secara keseluruhan, alpukat mengandung cukup banyak potasium, serat makanan, dan lemak. Minyak alpukat hampir dua pertiga (71 persen) asam lemak tak jenuh tunggal yang terbukti mampu menurunkan LDL, atau kolesterol "jahat," dan meningkatkan HDL, atau kolesterol "baik", menurut Dairy Council of California.

Masker alpukat adalah alat terapi yang dapat mempercantik kulit kalian dan meningkatkan kesehatan wajah kalian juga loh. Alpukat yang kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan, serta vitamin A, B, K, dan E, dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah kalian

Manfaat yang terkandung pada Alpukat:

  • Melembabkan Kulit
  • Meningkatkan Elastisitas Kulit
  • Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit
  • Mencegah Munculnya Jerawat
  • Mengurangi Tingkat Minyak

Seperti yang telah disebutkan diatas, guna mendapatkan manfaat alpukat untuk wajah, kalian dapat mengonsumsi alpukat matang secara langsung atau menjadikannya sebagai masker dan pembersih wajah untuk mendapatkan kulit putih dan cerah. Bila ingin menjadikan alpukat sebagai pembersih wajah, Kalian dapat memanfaatkan minyak alpukat. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak alpukat ke bola kapas, lalu usapkan ke wajah dan leher. Lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sementara itu, bila kalian ingin mendapatkan manfaat dari masker alpukat, berikut adalah panduannya:

Bahan untuk membuat masker alpukat:

  • ½ buah alpukat matang
  • 1 sendok teh minyak kelapa (masukkan ke dalam kulkas agar mengental)
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh air

Cara membuat masker alpukat:

  • Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk.
  • Haluskan hingga menjadi pasta dan tercampur sempurna.

Cara menggunakan masker alpukat:

  • Bersihkan wajah kalian menggunakan handuk hangat selama 20 menit. 
  • Penggunaan handuk hangat bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah.
  • Setelahnya, oleskan masker ke wajah menggunakan jari atau kuas 
  • Oleskan secara merata, namun jangan aplikasikan masker ke area mata. 
  • Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan pelembab ke wajah.

Alpukat umumnya aman untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan perawatan wajah alami. Namun, sebagian orang mungkin bisa mengalami reaksi alergi setelah mengoleskan produk berbahan alpukat ke kulit atau mengonsumsi alpukat. Untuk mencegahnya, lakukanlah tes alergi atau uji tempel ke kulit terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit buah alpukat atau produk berbahan buah ini ke pergelangan tangan. Jika setelah beberapa jam kulit kalian terasa gatal, kemerahan, dan bengkak, ini artinya kalian tidak cocok. Namun, jika tidak terjadi reaksi apapun, kalian bisa menggunakannya dengan aman.

Karena ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, kini kalian bisa mulai menjadikan buah ini sebagai skincare alami kalian sehari-hari. Namun, ingat. Tak hanya dengan alpukat, kalian juga perlu merawat kulit wajah dengan cara lain, seperti rutin mencuci muka juga ya dan menghindari tidur dengan riasan wajah serta rutin memakai tabir surya. Jika penggunaan alpukat tidak efektif untuk mengatasi permasalahan kulit kalian, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya agar tidak berkelanjutan.

Beras Putih

Beras putih selain bisa membuat kita kenyang ternyata ada manfaatnya juga nih bisa loh untuk Memutihkan Kulit Wajah dan Mencerahkan wajah. Beberapa riset membuktikan bahwa beras putih mengandung zat asam fitat dan antioksidan yang baik untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, dan memutihkan kulit. Oleh karena itu, beras putih dapat digunakan sebagai masker untuk membuat kulit putih dan cerah alami. Tak hanya itu, air cucian beras juga baik digunakan sebagai toner alami wajah.

masker beras putih


 

Untuk membuat masker kulit dari beras, kalian cukup mencampurkan tepung beras dengan susu dan madu, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih. Guna mendapatkan kulit putih, kalian pun perlu menggunakan tabir surya secara rutin dan menghindari paparan sinar matahari berlebih. Langkah tersebut juga penting untuk mencegah kerusakan kulit dan menurunkan risiko terjadinya kanker kulit.

Bahkan beras dikenal sebagai salah satu bahan alami pencerah kulit wajah yang efektif digunakan wanita Asia sejak jaman dahulu kala. Kalian dapat menggunakan produk kecantikan mengandung beras untuk merawat kulit wajah kalian yang cenderung kusam saat beraktivitas.

Beras yang diolah menjadi masker mempunyai khasiat yang dapat mencerahkan kulit wajah, memutihkan wajah, menghaluskan kulit, dan membuat wajah bebas jerawat loh teman-teman. Dengan menggunakannya dengan cara cepat yang satu ini sehingga membuat kalian tidak lagi tergoda untuk mencoba krim kosmetika yang mengatakan dapat membuat wajah putih secara instan. 

Apabila kalian juga masih belum berhasil memperoleh kulit putih dan cerah meski telah menggunakan beberapa jenis masker dari bahan alami, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai kondisi kulit kalian ya.

Bahan-bahannya adalah dengan kalian cukup ambil beras sebanyak 3 genggam (sebaiknya menggunakan beras organik yang bebas pengawet dan pemutih untuk membuat masker pemutih wajah ini), kemudian bahan yang kedua adalah madu murni guna untuk menambah khasiat efek pencerah wajah selain bahan tambahan untuk membuat tekstur masker kental seperti pasta. Apabila kalian tidak ada madu, kalian bisa menggantinya dengan air hangat dan minyak zaitun.

Untuk membuatnya adalah dengan kalian rendam 3 genggam beras dengan air secukupnya selama semalam. Esok harinya beras akan bertekstur lebih lunak dan lebih mudah ditumbuk sampai halus untuk dijadikan tepung beras, setelah ditumbuk lalu jemur tepung beras dibawah terik matahari hingga benar-benar kering dan jika sudah mengering kemudian simpan didalam toples bersih berpenutup. Cara penggunaannya adalah ambil 2 sdm tepung beras lalu dicampur dengan sedikit air hangat dan madu secukupnya kemudian aduk hingga merata dan balurkan ke kulit wajah. Jika sudah dioleskan pada kulit wajah, diamkan selama sekitar 30 menit atau hingga masker mengering jika sudah mengering bersihkan dengan handuk yang telah dicelup air hangat

 

Siti Nurma

Siti Nur'ma is an content writer who has expertise in the digital field. I have a person who really likes the art of design because art has its own meaning in life.