• 29 Sep, 2022

4 Cara Merawat Tubuh Agar Lebih Cerah dan Mulus

4 Cara Merawat Tubuh Agar Lebih Cerah dan Mulus

 

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit tubuh cerah dan mulus? Anda juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat mengikuti cara merawat tubuh tubuh dengan baik berikut.

 

 

Mandi Menggunakan Air Dingin, Hindari Air Hangat

 

 

Mandi merupakan sesi bersih-bersih yang umumnya dilakukan dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari sebelum beranjak tidur. Jika Anda memiliki kebiasaan mandi dengan air hangat, maka kini saatnya menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya mandi dengan air hangat tidak direkomendasikan karena memiliki dampak buruk terhadap kulit.

 

 

Kulit bersih berkilau dapat diperoleh dengan cara mandi air dingin. Mandi menggunakan air dingin dapat mempersempit pembuluh darah sementara yang ada pada kulit sehingga pori-pori juga ikut mengecil. Selain itu kemerahan yang terjadi pada kulit juga dapat berkurang.

 

 

Pori-pori yang menyempit juga akan mencegah kotoran untuk masuk ke dalam bawah kulit. Kotoran yang masuk dalam kulit melalui pori-pori merupakan penyebab utama kulit tampak kusam. Oleh karena itulah Anda direkomendasikan untuk mandi air dingin.

 

 


 

Ilustrasi pada saat perawatan badan image by unsplash

 

 

Gosok Kulit Sebelum Mandi

 

 

Cara merawat tubuh selanjutnya adalah dengan menggosok kulit sebelum mandi. Hal ini biasanya juga disebut dengan eksfoliasi di mana seluruh kulit mati diangkat agar kulit tampak lebih segar dan sehat. Anda bisa menggunakan produk perawatan tubuh secara alami yakni dengan menggunakan garam scrub. Selain itu juga dapat menggunakan bubuk kopi untuk hasil kulit cerah dan lembut.

 

 

Cara merawat tubuh tubuh dengan baik juga bisa dengan melakukan aktivitas menggosok dengan sikat penggosok. Pilihlah sikat yang memiliki gagang panjang sehingga Anda dapat menjangkau seluruh tubuh. Mulailah menggosok dari telapak kaki, lalu lanjut semakin ke atas.

 

 

Gosoklah dengan gerakan memutar lebar searah dengan jarum jam. Gosok dengan lembut pada bagian kulit yang tipis, lalu gosok sedikit lebih keras pada bagian kulit lebih tebal seperti telapak kaki. Setelah itu lanjut ke bagian lengan dan ketiak.

 

 

Eksfoliasi Rutin Secara Berkala

 

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Anda harus melakukan eksfoliasi kulit tubuh agar kotoran dan kulit mati terangkat. Meskipun kulit dapat melepaskan sel-sel matinya setiap 28 hari sekali, tapi kurang maksimal. Oleh karena itu Anda harus menggunakan produk scrub untuk membuatnya lebih maksimal dengan hasil maksimal pula. Lakukan eksfoliasi sebanyak dua kali seminggu.

 

 

Oleskan Body Lotion

 

 

Jika Anda telah melakukan rangkaian kegiatan perawatan tubuh, jangan lupa untuk mengoleskan body lotion guna menjaga kelembaban kulit. Body lotion digunakan setelah mandi agar nutrisinya lebih mudah diserap oleh kulit. Selain itu Anda juga harus menjaga pola makan sehat sebagai penunjang kulit sehat dan mulus.

 

 

Itulah penjelasan mengenai cara merawat tubuh dengan baik. Semoga bermanfaat.