Arti Kangen Pahami Makna dan Pengaruhnya

57
1
Definisi arti Kangen

Hallo sobat, kalian tau gak sih arti kangen itu apa? Kalo kalian tau kangen, menurut kalian rasa kangen tuh kaya gimana sih ? Kira-kira hal apa aja sih yang membuat kalian itu mempunyai rasa kangen, apa karena hubungan kalian atau bahkan keseharian kalian nih ?

Kangen adalah perasaan yang muncul bersamaan dengan rasa cintaPerasaan kangen selalu berkecamuk dalam benak seseorang ketika berada jauh dari orang yang disayangi. Situasi seperti itu merupakan hal yang wajar dirasakan, terutama bagi pasangan kekasih yang terpisah jarak.

Lalu, apa bedanya sih kangen dan rindu itu? Hehe, jelas beda dong yaaa teman-teman. Kangen bisa jadi adalah perasaan sedih karena ketidakadaan atau kehilangan seseorang baik di sekitar atau hati. Sedangkan, rindu adalah perasaan yang kuat untuk mendapatkan seseorang hadir di sekitar atau hati.

Dari pengertian diatas, diketahui perasaan kangen biasa diartikan sebagai perasaan yang sedih atau menyesal karena ketidakadaan seseorang di hati kita. Bisa juga diartikan sebagai perasaan sedih akan kehilangan sesuatu. Sementara itu, rindu memiliki sifat yang lebih mendalam di mana seseorang merasa ingin atau bisa bersama orang yang didambakan.

Kemudian, kangen memiliki sifat yang sentimental dimana seseorang masih bisa merasa baik-baik saja tanpa kehadirannya. Namun, perasaan rindu membuat seseorang terus mengulang kenangan-kenangan terdahulu di pikiran.

Singkatnya, kangen bisa ditujukan kepada siapa saja. Namun, rindu biasa hanya tertuju pada seseorang yang memiliki kedekatan emosional dengan kita, misalnya orang yang istimewa di hati.

Jadi gimana nih? kalian itu mempunyai rasa kangen atau rindu nih? Tapi nih ya, Kangen memiliki arti dalam kelas adjektiva atau kata sifat sehingga kangen dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik. Kangen juga termasuk dalam ragam bahasa cakapan.

Lantas, Hal apa saja ya yang bisa membuat rasa kangen itu muncul? Yuk, kita simak sama-sama

4 Hal yang membuat rasa Kangen muncul

Arti Kangen

Sebenarnya, banyak sekali hal-hal yang dapat membuat rasa kangen muncul seperti halnya dengan pasangan. Siapa sih disini yang gak punya pasangan hehe. Yuk, kita coba simak penjelasan dibawah ini :

Menciptakan Momen yang berkesan

Biasanya nih teman-teman, dengan menciptakan momen yang begitu berkesan bisa membuat rasa kangen itu muncul loh. Jujur, siapa nih kalian pernah dong menciptakan momen tertentu sehingga rasa kangen muncul gitu aja deh? yakan, hehe.

Apalagi nih , banyak yang terjadi dalam kehidupan kaum wanita tapi tak semuanya yang berkesan. sehingga, ia menciptakan momen yang berkesan agar suatu saat nanti ia bisa melihat dan merasakan sehingga kangen akan hal itu muncul.

Ketika kamu sedang menghabiskan waktu bersama pacar, lakukan banyak hal sederhana namun yang mengesankan. Meskipun sederhana, tapi kalau kesannya mendalam, tentu hal tersebut akan terkenang di hati pasangan dan membuatnya sering merasa kangen dengan kamu.

Perhatiannya kepada kita

Siapa disini yang suka banget sama sikap perhatian atau yang suka perhatian sama seseorang nih? wah, sama nih tipenya kaya aku hehe. Kalau aku, aku suka banget perhatian sama orang agar orang itu bisa nyaman ke aku. Mau coba? hehehe, bercanda ya.

Perhatian adalah sikap saling mengerti antara satu orang dengan orang lain, antara makhluk sosial maupun individu, antara makhluk sosial dengan ciptaan-Nya yang lain.

Sedangkan proses timbulnya perhatian, secara singkat oleh Dakir (1993:14) dijelaskan sebagai berikut, yaitu pertama ada rangsangan yang menonjol dari objek, rangsangan diterima oleh indra, dibawa masuk ke syaraf ke dalam otak, lalu diserap oleh persepsi kita.

Jadi banyak sekali loh ya faktor yang dapat mempengaruhi perhatian seseorang terhadap orang lain, meliputi pembukaan, latihan, kebiasaan, kebutuhan, kewajiban, keadaan jasmani, suasana jiwa, suasana lingkungan sekitar, kuat atau tidaknya rangsangan yang dapat menimbulkan perhatian.

Foto Bersama

Coba ngaku disini siapa suka banget buat abadiin foto-foto bersama dengan rekan, sahabat atau pacar? Wah, ternyata kita banyak samanya ya. Aku juga suka banget loh buat mengabadikan foto bersama.

Kadang, hal ini yang sering banget menimbulkan rasa kangen yang begitu sangat. Karena, apabila kita melihat foto tersebut kita langsung teringat masa tersebut bukan? Permasalahannya sih bukan hanya sekedar lokasi tetapi kenangan bersamanya yang paling dikangenin.

Sikap dan Sifat

Hal ini adalah sangat menjadi perbincangan rasa kangen juga nih teman-teman. Sikap dan Sifat yang menentukan bagaimana rasa kangen itu muncul, dengan contoh sikap nya yang menjadi pribadi dewasa, komitmen waktu dan sifat yang periang atau jujur.

Kalau kalian suka yang tipe kaya gimana nih? Sikap bukanlah sesuatu yang permanen oleh karena itu sikap dapat diubah. Sifat adalah bawaan manusia mulai ia lahir ke dunia, tetapi biasanya sifat mengalami ketidakstabilan ketika usia masih tergolong muda / belia.Sifat ada 2 macam yaitu Sifat terpuji dan tercela. Terkadang hal dua itu yang membuat kita kangen dan rindu loh. 

Pembagian tipe karakter manusia menjadi empat kelompok besar, yaitu sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris, disebut juga sebagai the four temperament. Temperamen adalah sifat dasar manusia yang terbentuk sejak lahir dan tidak akan pernah berubah.

Manusia mempunyai beberapa sifat alami dan di antaranya adalah bekerja sama, dan hidup dalam kelompok. Manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain dan pasti memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan dan untuk bertahan hidup.

Dampak Emosional Kangen

Pengaruh pada Hubungan Pribadi

Kangen bisa menjadi dua sisi mata uang dalam hubungan. Di satu sisi, ia bisa menguatkan ikatan, namun di sisi lain, dapat menimbulkan ketidakstabilan emosional jika tidak dikelola dengan baik.

Kangen dan Kesehatan Mental

Perasaan kangen yang berkepanjangan bisa mempengaruhi kesehatan mental. Penting untuk menemukan cara efektif mengelola emosi ini agar tidak berkembang menjadi kecemasan atau depresi.

Kesimpulan

Mengenal lebih dalam tentang kangen membuka wawasan kita tentang pentingnya mengelola emosi ini dengan sehat. Meski kerinduan bisa menjadi bagian alami dari hubungan manusia, menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya bisa menjaga keseimbangan emosi dan kesejahteraan mental kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Arti Kangen Pahami Makna dan Pengaruhnya

  1. Wow, awesome weblog format! How long have you been blogging
    for? you make blogging glance easy. The overall look of your website is fantastic, let
    alone the content material! You can see similar here ecommerce