3 Cara Memutihkan Tangan Secara Alami

42
0
cara memutihkan tangan secara alami

Selamat datang di panduan lengkap tentang Cara Memutihkan Tangan Secara Alami. Di sini, kita akan membahas berbagai cara, mulai dari penggunaan bahan-bahan alami hingga langkah-langkah praktis yang dapat membantu Anda mendapatkan tangan yang lebih cerah dan sehat. Apakah tangan Anda menghitam akibat paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, atau faktor lain, solusi alami ini mungkin bisa membantu.

Namun, mengenakan pakaian tertutup hanyalah solusi sementara. Lantas, harus bagaimana? Adakah cara memutihkan tangan dan kaki secara alami? Sayangnya, dengan menggunakan pakaian yang panjang bukanlah solusi yang baik untuk kulit yang belang.

Yang ada, ketika kita berada di luar ruangan, kita akan merasakan panas yang berlebih karenanya bukan? Kulit tangan dan kaki yang belang akibat aktivitas luar ruangan dan kontak langsung sinar matahari bisa membuat kurang percaya diri. Apalagi jika warna wajah, kulit tangan, dan kulit kaki tidak sama, rasanya semakin aneh saja karena kesannya kalian tidak bisa merawat kesehatan kulit dengan baik. 

Sebenarnya warna kulit yang tidak merata terjadi karena beberapa hal seperti hiperpigmentasi; kurangnya menjaga kebersihan kulit dari polusi, debu, dan kotoran; tidak memakai tabir surya atau pelindung dari sinar matahari, dan tidak menjaga kelembaban kulit.

Meratakan warna kulit atau memutihkan memang tidak bisa dalam waktu sekejap, tapi kalian bisa menggunakan beberapa cara memutihkan kulit tangan dan badan serta dapat mengangkat kotoran yang ada tangan dan badan. Karena itulah, kita akan membagikan beberapa cara memutihkan kulit tangan secara alami yang bisa kalian coba. Ingin tahu caranya? Yuk, simak artikel berikut ini.

Apa Penyebab Tangan Menghitam?

Pertama-tama, mari kita bahas apa yang mungkin menyebabkan tangan Anda menghitam. Ini bisa jadi akibat dari paparan sinar matahari berlebih, reaksi alergi, penggunaan produk kimia berbahaya, atau bahkan kondisi medis tertentu. Memahami penyebabnya penting agar kita bisa menentukan solusi terbaik.

Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tangan yang Ampuh

Warna kulit yang ada pada tubuh kita dipengaruhi oleh melanin, Melanin itu apa sih? Ada yang tau gak? Jadi, Melanin itu adalah sel yang diproduksi oleh sel lapisan kulit. Tubuh kita dapat memproduksi melanin yang banyak, apalagi jika kita nih sering terpapar sinar matahari saat berada di luar ruangan. Dampaknya, kulit tubuh kita akan menjadi lebih gelap atau menjadi belang. Buat kalian yang memiliki masalah belang pada tangan, kali ini kita akan memberikan cara memutihkan kulit tangan yang bisa kalian terapkan saat berada di rumah:

Susu

Cara Memutihkan Tangan Secara Alami
Source Image https://www.beritasatu.com/lifestyle/1055061/manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan-solusi-bagi-orang-dengan-alergi-susu-sapi

Hayo, ngaku siapa disini yang suka susu?  Kalian inget gak sih, waktu kecil tuh kalian suka banget sama yang namanya susu? kerap, hingga kini juga masih menjadi hal yang sangat digandrungi ya selain rasanya yang manis ternyata susu juga bisa loh untuk memutihkan kulit. Gak percaya? Mari, kita bahas sama-sama. Mandi atau berendam air susu memang sudah jadi metode perawatan untuk memutihkan tangan sudah sejak berabad-abad yang lalu ya. Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam

Didalam Susu ini mengandung banyak enzim yang bisa mencerahkan kulit loh teman-teman. Hanya saja, kalian perlu usaha yang cukup besar saat hendak mendapat manfaat berendam di air susu. Kalian harus mencampurkan air hangat dan susu, barulah bisa menikmati efeknya.

Susu memang cairan penuh gizi. Kaya akan berbagai vitamin dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi selain baik untuk dikonsumsi sebagai makanan, susu ternyata juga cocok untuk merawat kecantikan. Kandungan dalam susu seperti vitamin A, vitamin B, protein, dan Alpha Hydroxy Acids yang kaya manfaat itu juga bagus untuk menutrisi kulit kalian.

Sudah lama susu dijadikan bahan untuk membuat berbagai produk kecantikan seperti sabun, krim, atau produk perawatan rambut. Tetapi jika kalian ingin mendapatkan manfaat maksimal susu, sebaiknya gunakan susu segar (sudah dipasteurisasi) yang vitamin dan proteinnya masih relatif utuh.

Kalian bisa mencoba perawatan alami dari susu. Kalian bisa menggunakan susu mentah dengan kandungan asam laktat yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan permukaan kulit yang belang. Susu juga mempunyai khasiat alami untuk memutihkan kulit sehingga cocok untuk mengembalikan warna kulit kalian yang belang.

Cara penggunaanya adalah dengan mencelupkan kapas ke susu mentah lalu mengoleskannya pada permukaan tangan dan kaki. Bersihkan dengan sedikit menekan lalu kalian akan melihat akan ada banyak kotoran yang terangkat melalui kapas tersebut.

Jika sudah, diamkan selama 30 menit agar kandungan susu di dalamnya bisa masuk ke pori-pori kulit. Setelah itu kalian bisa membilasnya dengan air hingga bersih. Bahan-bahan di atas cukup mudah ditemukan di rumah. Lakukan tips atau cara memutihkan kulit tangan dan kaki dengan menggunakan bahan alami tadi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bengkoang

Kalian semua tau gak nih sama yang Buah satu ini? Iya, Buah Bengkoang. Buah bengkoang ini sudah dipercaya dari dulu loh sebagai perawatan kecantikan baik untuk kulit tangan serta dapat memutihkan tangan secara alami loh.

Tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam masker, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion. Bengkoang terbukti menyegarkan, karena akar umbi dari bengkoang memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 persen, sehingga memberi efek melembabkan. Selain itu, bengkoang juga dapat digunakan untuk memutihkan tangan dan mencerahkan kulit, kandungan vitamin C didalamnya akan membuat kulit menjadi lebih sehat secara alami loh. Gimana nih menurut kalian?

Cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat lulur alami dari bengkoang yang pertama adalah kupas kulit bengkoang dan haluskan dengan cara diblender atau diparut. Peras kemudian ambil airnya dan diamkan semalam untuk mengambil endapan atau saripatinya.

Jika sudah mengendap, oleskan endapan tersebut di bagian punggung jari tangan dan kaki secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan bengkoang ini secara rutin untuk mempercepat dalam menyamarkan kulit belang kalian ya teman-teman.

Bengkoang dikenal efektif untuk mencerahkan kulit tubuh berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Senyawa tersebut bisa menangkal efek buruk radikal bebas, sehingga mencegah kerutan dan kulit menghitam. Menurut klikdokter.com , “Anda bisa menggunakan bengkuang sebagai masker, dengan cara diparut hingga halus. Letakan pada bagian kulit yang menghitam, gosok secara perlahan, dan diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, bilas menggunakan air mengalir,” kata dr. Devia.

Kunyit

Kunyit disini bukan berarti untuk masak ya teman-teman, ya memang sih bahan ini adalah bahan rempah yang digunakan untuk memasak hehe.  Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang sudah dipercaya dari dulu sebagai pencerah kulit dan memutihkan tangan loh.   
Kandungan curcumin yang merupakan zat antioksidan cukup ampuh untuk mengurangi produksi melanin di kulit dan membantu menghilangkan perubahan warna pada kulit. Kalian juga bisa membuat dan handbody handmade dari kunyit dengan campuran lidah buaya dan minyak kelapa.

Cara membuat lulur dari kunyit adalah pertama ambil kunyit secukupnya lalu parut, oleskan pada tangan dan kaki lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Sedangkan cara membuat handbody dari kunyit adalah pertama kalian ambil 3 batang kunyit dan iris tipis-tipis setelah itu panaskan dengan satu gelas kecil air.

Kemudian biarkan hingga air menjadi setengah saat dipanaskan dan diamkan hingga dingin. Campurkan air rebusan kunyit tersebut dengan lendir lidah buaya dan minyak kelapa secukupnya. Kalian bisa mengoleskannya pada tangan dan kaki dan diamkan selama 1 jam, setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Kunyit memiliki kandungan antioksidan esensial dan kurkumin yang dapat membantu memperlambat proses produksi melanin, jadi kunyit sangat efektif untuk mencerahkan warna kulit tangan.Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menyebutkan manfaat kunyit efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti dermatitis atopik, jerawat, kebotakan, dan masih banyak lainnya.

Atau kalian juga bisa loh untuk mengambil beberapa sendok kunyit dan tumbuk hingga halus, jangan lupa juga tambahkan susu secukupnya. Setelah adonan jadi, oleskan masker tersebut pada tangan, dan tunggu hingga 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air yang bersih ya.

Langkah-Langkah Memutihkan Tangan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ikuti langkah-langkah berikut:

Persiapan

Pastikan tangan Anda bersih dan kering sebelum menerapkan bahan alami apapun.

Aplikasi Bahan

Aplikasikan bahan pilihan Anda secara merata pada tangan. Anda bisa menggunakan kuas makeup atau jari untuk ini.

Durasi dan Frekuensi

Biarkan bahan tersebut di tangan selama 15-20 menit. Ulangi proses ini beberapa kali seminggu untuk hasil terbaik.

Tips Tambahan

Selain menggunakan bahan alami, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu memutihkan tangan:

Melindungi Tangan dari Matahari

Gunakan tabir surya pada tangan Anda setiap hari untuk melindungi mereka dari penggelapan lebih lanjut.

Menjaga Kelembapan Tangan

Gunakan krim tangan secara teratur untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dan mencegah kekeringan.

Pola Makan untuk Kulit yang Sehat

Konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran untuk membantu memperbaiki kondisi kulit Anda dari dalam.

Jadi itulah cara memutihkan tangan secara alami yang bisa kalian lakukan di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah kita temukan atau bahkan kalian juga bisa mengunjungi supermarket terdekat untuk mendapatkan bahannya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *