10 Makanan Rendah Kalori yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

26
0

 

Menjaga asupan makanan menjadi salah satu kunci sukses untuk menurunkan berat badan. Selain itu, pola makan yang sehat juga menghindari obesitas maupun risiko penyakit yang berbahaya. Jika kamu sedang melakukan program diet, harus mengonsumsi makanan yang rendah kalori.

 

 

Yuk, simak 10 makanan rendah kalori yang wajib dikonsumsi!

 

 

Makanan Rendah Kalori
 

Healty Food image by pixabay

 

 

Telur

 

 

Telur salah satu makanan yang mengandung protein tinggi, rendah kalori, dan mengandung nutrisi padat. Perpaduan kandungan ini cukup efektif mengatasi berat badan yang berlebih. Kamu bisa mengurangi asupan nasi dan menggantinya dengan satu porsi telur untuk menurunkan berat badan.

 

 

Tak hanya itu, telur juga mampu mengurangi rasa lapar dan membuat tubuh terasa kenyang. Hal ini bisa mencegah kamu untuk mengonsumsi banyak camilan, menghambat pengosongan perut, hingga menjaga kesehatan tubuh.

 

 

 

Kentang Rebus

 

 

Makanan rendah kalori untuk diet berikutnya ialah kentang. Kentang termasuk makanan bergizi, menyehatkan, dan mencegah perut cepat lapar. Satu kentang berukuran sedang mengandung 161 kalori, 4 gram protein, dan serat. Efeknya, akan mengurangi rasa nafsu makan dan mengurangi asupan camilan.

 

 

Hal ini berbeda, bila kamu mengonsumsi kentang goreng ataupun keripik kentang. Sebab, makanan yang sudah digoreng mengandung lemak yang tinggi. Agar kamu merasakan manfaatnya, kentang harus direbus atau dipanggang.

 

 

Oatmeal

 

 

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kamu bisa mengganti sarapan pagi dengan mengonsumsi oatmeal. Oat mengandung protein, serat, dan rendah kalori yang cocok digunakan sebagai menu andalan untuk program diet.

 

 

Ketika mengonsumsi oat di pagi hari, perut akan terasa lebih kenyang dan mencegah nafsu makan berlebihan. Dengan begitu, kamu tidak tergoda mengonsumsi banyak camilan untuk mengganjal perut.

 

 

Buah Semangka

 

 

Semangka salah satu buah yang masuk ke dalam daftar rekomendasi makanan rendah kalori. Buah ini juga mengandung air yang tinggi, sehingga membuat tubuh terhidrasi dan terasa kenyang. Satu potong semangka mengandung 46 kalori, vitamin A, dan C yang menutrisi tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi semangka juga efektif menurunkan darah tinggi. Namun, jangan sampai berlebihan karena dapat membuat tekanan darah semakin menurun.

 

 

Daging Ayam

 

 

Daging ayam juga termasuk salah satu dari 10 makanan rendah kalori. Namun, hanya bagian tanpa lemak seperti dada ayam saja yang rendah kalori. Selain itu, dada ayam mengandung protein tinggi dan vitamin B12.

 

 

Dada ayam yang belum dimasak mengandung 100 kalori. Untuk menjaga kalorinya tetap rendah, bisa diolah dengan cara dibuat menjadi sup yang dicampur sayur-sayuran. Hindari mengonsumsi dada ayam goreng karena kalorinya menjadi lebih tinggi dan bercampur dengan lemak.

 

 

Brokoli

 

 

Brokoli adalah sayuran yang mengandung paling banyak nutrisi dan rendah kalori. Satu porsi brokoli hanya mengandung 31 kalori, mengandung vitamin C, dan nutrisi. Sayuran ini dapat mencegah penyakit kanker, mengobati peradangan, dan efektif menurunkan berat badan. Tak heran, banyak orang memilih brokoli sebagai menu untuk dietnya.

 

 

Buah Apel

 

 

Apel tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Apel mengandung vitamin C, serat, dan rendah kalori. Satu potong aple hanya mengandung 57 kalori saja, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat pada buah apel juga dapat memperlancar kesehatan usus, membuat perut terasa kenyang, dan menahan asupan makan berlebihan.

 

 

Buah Beri

 

 

Beri juga termasuk makanan rendah kalori yang cocok digunakan sebagai menu diet. Keluarga buah beri, seperti blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan rendah kalori. Kandungan seratnya dapat mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang.

 

 

Yoghurt

 

 

Yoghurt dikenal dengan kandungan prebiotiknya yang menjaga kesehatan usus dan memperlancar pencernaan. Yoghurt juga cocok dijadikan asupan rendah kalori untuk diet. Yoghurt mengandung protein yang mencegah datangnya rasa lapar, menurunkan berat badan, dan mengurangi nafsu makan secara berlebihan.

 

 

Ikan Kod

 

 

Selama program diet, kamu harus mengonsumsi makanan tanpa lemak dan membatasi asupan kalori tinggi. Solusinya, kamu bisa makan olahan ikan kod dengan kandungan 70 kalori, 15 gram protein, dan vitamin B12. Ikan kode efektif mengurangi rasa lapar, mencegah nafsu makan berlebihan, dan dapat mengurangi berat badan. Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dipepes agar kalorinya tetap rendah. Kira-kira, itulah 10 makanan rendah kalori yang cocok dijadikan asupan menu diet.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *