• 26 Nov, 2022

Cara Mengatasi Malas Belajar

Cara Mengatasi Malas Belajar

Siapa nih yang masih suka malas belajar? Mau belajar nunggu good mood? Mau belajar harus disemangati ayang? Hehehe... Ini nih Cara Ampuh Mengatasi Malas Belajar

Wartaholic.com - Siapa nih yang masih suka malas belajar? Mau belajar tapi nunggu good mood? Atau belajar harus di semangatin ayang? Hehehe. Nah, ada yang tau nggak kalau rasa malas belajar itu juga mempengaruhi fisik maupun Rohani? Yuk langsung saja kita simak uraian berikut ini!

Malas belajar sepertinya pernah dialami oleh setiap siswa tanpa terkecuali. Anggapan bahwa belajar adalah aktivitas yang monoton dan membosankan memang cenderung menimbulkan rasa malas. Supaya tidak berlarut-larut atasi lewat berbagai cara agar tidak malas belajar dengan mengubahnya menjadi kegiatan yang asyik dan menyenangkan.

Mengapa rasa malas belajar tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama hinggap di dalam diri dan pikiran? 

Alasannya sangat sederhana namun memiliki efek yang luar biasa. Rasa malas bukan hanya akan membuat nilai pelajaran di sekolah menurun namun juga menjadikan seorang siswa sulit untuk berpikir maju serta meraih prestasi terbaiknya.

Hayoo masih malas belajar kah? Baik, yuk kita simak lagi uraian dibawah ini!

Tips Cara Menghilangkan Malas Belajar

Bagaimanapun belajar adalah sebuah kewajiban bagi pelajar atau siswa jadi mau tidak mau tetap harus dilakukan. Masalahnya adalah kebanyakan siswa hanya belajar saat akan ulangan atau ujian saja sehingga kurang efektif. Bahkan banyak yang masih melakukan metode “SKS” atau Sistem Kebut Semalam dimana semua materi yang akan diujikan guru hanya dipelajari dalam waktu semalam saja.

Cara belajar seperti ini tentunya akan membawa hasil yang kurang bagus dibandingkan kalau siswa rutin belajar setiap hari. Nah, kalau rasa malas belajar mulai datang atasi dengan beberapa cara berikut ini.

Mulai dari yang disukai

Supaya rasa malas tidak tiba-tiba mendatangi pikiran perlu menumbuhkan sebuah semangat lebih dulu. Caranya? Mulai saja kegiatan belajar dari sesuatu yang disukai. Hasil penelitian mengatakan bahwa minat dan rasa suka pada sesuatu yang dipelajari membuat seseorang lebih mudah untuk berpikir jernih dan memahami materi.

Cari Tempat Yang Nyaman

Cara agar tidak malas belajar selanjutnya adalah dengan mencari tempat yang dirasa nyaman. Sebaiknya tempat yang dipilih tersebut juga membantu kamu untuk bisa fokus belajar dan tidak terganggu oleh hal lainnya. Misalnya kamu merasa nyaman dan tenang di dalam kamar karena tidak ada orang lain yang keluar masuk maka belajar bisa dilakukan di ruangan tersebut. Sebaiknya hindari tempat belajar yang menjadi tempat aktivitas banyak orang seperti ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan dan sebagainya.

Susun Jadwal Belajar

Nah, siapa yg mau belajar tapi suka lupa menyusun Jadwal? Terkadang yg membuat kita malas belajar itu adalah malas menyusun pembelajaran, kalau kita tidak menyusun JadwalJadwal Belajar kita akan berantakan dan itu akan membuat malas belajar

Yuk kita simak uraian dibawah ini!

Untuk memudahkan kamu belajar sebaiknya susun jadwal belajar mingguan seperti jadwal pelajaran di sekolah. Kamu tidak harus menyusun jadwal belajar persis seperti jadwal di kelas karena malah akan membuat semakin malas saja. Buat saja jadwal sederhana misalnya hari Senin kamu belajar dengan mengerjakan latihan soal 

matematika, Selasa belajar bahasa dan seterusnya. Jadwal juga membantu kamu untuk lebih teratur sehingga tidak merasa lelah karena terlalu banyak yang dipelajari dalam satu hari.

Fokus Pada Target

Pembuatan jadwal juga berfungsi untuk membantu kamu lebih mudah dalam membuat target tertentu. Contohnya, mengerjakan 3 latihan soal setiap hari. Nah, setelah itu fokuslah pada apa yang menjadi target tersebut supaya bisa dilakukan dan dicapai dengan baik. Sesuaikan target dengan kemampuan diri sendiri tidak perlu terlalu memaksa dan meniru orang lain.

Ambil Jeda Istirahat

Kalian suka merasa capek ngga si kalau belajar tanpa di Jeda? Saya sendiri saja, tanpa Jeda Istirahat aja pusing,butuh makan minum hehehe..Yuk langsung saja simak uraian dibawah ini!

Rasa malas belajar mungkin datang karena kamu sudah merasa capek dengan kegiatan di sekolah maupun aktivitas lainnya. Oleh sebab itu ambil waktu untuk istirahat dulu supaya pikiran kembali segar dan rasa malas hilang. Setelah itu baru mulailah untuk belajar.


Kenali Waktu

Untuk menemukan waktu belajar kamu yang tepat adalah mencoba membaca buku bertopik berat di pagi, siang, sore, dan malam hari. Setelah itu pilihlah waktu yang paling disukai atau banyak mengingat sesuatu. Buatlah agenda rutin yang membuat kamu konsisten untuk belajar di jam-jam tersebut.

Pilih Metode Belajar yang Tepat

Malas belajar bisa jadi ada yang salah dalam metode belajar kamu. Metode belajar merupakan cara atau keunikan dalam belajar sehingga cepat dipahami oleh otak. Setiap individu pasti memiliki keunikan tersendiri dalam belajar yang nyaman.

Formula pomodoro dapat menjadi cara dalam mengingat suatu hal dengan baik. Teknik belajar dengan waktu yang disiplin saat istirahat dan lanjut belajar. Cara ini cukup efektif diterapkan karena otak kita perlu proses beberapa menit untuk menampung dan mencerna hal-hal penting. Perlu diingat pada saat istirahat hindari bermain game.

 

Novita Devi

Saya Novita Devi A. Saya adalah bagian penulis dari Wartaholic. Saya suka sekali menulis, Bergabungnya di Wartaholic karena ingin membagikan artikel-artikel yg bermanfaat untuk teman-teman.