Trik Mengatasi Galau yang paling Ampuh

35
0
Trik Mengatasi Galau yang paling Ampuh

Wartaholic.com – Siapa yang masih suka galau? Kira-kira galaunya karena apa nih, bukan karena lagi patah hati kan? Hehe.. Tapi nih ya, kadang tuh dengan galau juga bisa nih ngebuat semuanya itu jadi hilang, mulai dari mood, nafsu makan dan sebagainya.  

Galau itu bisa terjadi karena banyak pikiran yang mempengaruhi perasaan dan perilaku bercampur menjadi satu, menciptakan sebuah perasaan tidak menentu yang cenderung negatif. 

Menurut sejumlah penelitian, kondisi galau dan stres ini sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Selain itu, galau dapat menyebabkan asma, obesitas, diabetes, nyeri kepala kronis, depresi, masalah pencernaan, Alzheimer, dan percepatan penuaan. Hayo, jujur disini siapa sih yang masih suka galau

Kondisi dimana perasaan kita menjadi sedih, gelisah, dan tidak karuan disebut galau. Kondisi tersebut bisa saja terjadi karena berbagai macam hal loh. Suasana hati yang sedang dalam kebimbangan atau sulit menyikapi permasalahan juga dapat diartikan sebagai kondisi dan perasaan galau.  

Artikel ini akan membahas Trik Mengatasi Galau, memberikan Anda wawasan dan langkah-langkah konkret untuk menavigasi melalui masa-masa sulit tersebut dan menemukan kembali sinar kebahagiaan dalam hidup Anda. Mari kita mulai perjalanan untuk mengatasi galau dengan cara yang sehat dan produktif.

Mengenali Penyebab Galau

Mengatasi galau memulai dengan mengenali penyebabnya. Apakah karena hubungan yang gagal, tekanan kerja, atau masalah kesehatan? Mengidentifikasi akar masalah adalah langkah pertama untuk pemulihan. Memahami situasi yang membuat Anda galau dapat membantu dalam merancang strategi yang efektif untuk mengatasinya.

Kira-kira apa saja sih penyebab munculnya rasa galau

Trik Mengatasi Galau

Semakin dewasa rasanya kamu tuh semakin sering merasa galau. Rasanya hari-hari kamu penuh dengan yang namanya uring-uringan. Hal yang harus kamu pahami adalah selama hidup kamu akan selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan. Baik itu seputar kehidupan pribadi, keluarga, karir, pertemanan atau keuangan. Banyaknya hal yang harus kamu pikirkan dan putuskan akan membuat kamu rentan dari rasa galau, tapi jangan khawatir karena hal ini merupakan sesuatu yang wajar. 

Terlalu Memikirkan Orang Lain 

Berhenti risau dan khawatir dengan pendapat orang lain tentang kita, apalagi sampai kita berhenti melakukan hal yang kita suka. Kamu adalah orang yang paling mengerti dirimu, sedangkan orang lain akan punya sejuta cara untuk menilai kamu dengan opini mereka. Lakukan apa yang menurut kamu baik dan teruskan usahamu selama tidak merugikan orang lain. 

Terjebak di Zona Nyaman 

Karena kamu takut gagal dan takut mencoba, akhirnya kamu terjebak di zona nyaman. Berada di zona nyaman dalam waktu yang panjang akan menimbulkan semangat kamu dan membuat kamu hilang gairah dalam menjalani hidup.  

Lingkungan yang Tidak Mendukung 

Lingkungan tempat kamu berkegiatan dan bersosial nggak memberikan kamu motivasi positif yang bisa membantu kamu lebih semangat. Teman atau sahabat kamu nggak memberikan dukungan pada saat kamu sedang merasa galau atau justru semakin membuat kamu merasa galau

Beberapa Cara untuk Mengatasi Galau 

Trik Mengatasi Galau

Dalam dunia medis, kondisi galau dapat diatasi dengan cara menurunkan kadar serotonin dalam tubuh yang biasanya naik saat pikiran kacau. Banyaknya hal yang harus diputuskan dan dipikirkan akan membuat kamu rentan merasa galau.  

Lalu, harus bagaimana agar tidak galau dan stres? Apakah ada cara mengatasi hati dan pikiran agar tidak terjebak dalam kondisi galau gundah gulana? Simak artikel ini sampai tuntas, ya. 

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri 

Kadang kita tuh ingin terbebas dari perasaan galau, dan mulailah untuk tidak menyalahkan diri sendiri. Dengan menyalahkan diri sendiri secara tidak langsung hanya akan menambahkan beban. Perasaan galau dapat bersarang lama jika kamu menyesali segala hal yang telah kamu lakukan. Kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah dilakukan. 

Menyalahkan diri sendiri hanya akan menambahkan beban dan rasa kecewa. Jika masih terus menyalahkan diri sendiri, kamu tidak akan pulih dari perasaan galau. Cobalah untuk menerima apapun hasil dari hal-hal yang telah kamu lakukan untuk berusaha keluar dari perasaan galau yang dialami. Mengapresiasi diri dapat menjadi salah satu opsi untuk mengatasi perasaan galau. 

Jangan Overthinking 

Overthinking bisa dipahami sebagai kecenderungan seseorang untuk memikirkan suatu persoalan secara berlebihan. Namun, perlu dipahami dengan overthinking juga bisa membuat galau kamu semakin tinggi. Masa iya mau galau dengan berlarut-larut 

Merenung dan berpikir saat sendirian memang membuat seseorang bisa menemukan hal baru dan kenyamanan, sayangnya bila terlalu berlebihan hal ini justru membuat seseorang memikirkan hal yang tidak seharusnya dipikirkan loh. 

Overthinking dapat mengganggu kebahagiaanketentraman hati dan pikiran, serta pola hidup seseorang loh. Jika apapun yang terjadi, baik hal sepele maupun hal penting, semuanya selalu kamu pikirkan secara terus-menerus. 

Berpikir berlebihan tentang isu-isu yang sedang kamu hadapi merupakan kebiasaan yang kurang baik, apalagi hingga mengganggu aktifitas sehari-hari seperti sulit tidur hingga membuat kamu jadi galau. 

Mencoba untuk Melakukan Kegiatan Baru 

Dalam mengatasi galau, kamu perlu banget nih untuk mencoba hal-hal yang baru. Seperti contohnya berjalan-jalan ke tempat yang belum pernah kamu datangi ya anggap saja seperti me-time.  

Hal tersebut sangat mempengaruhi sekali dalam kehidupan kamu, loh, karena dengan tidak membiarkan pikiran kamu menjadi semakin banyak dan rumit, kamu akan merasa lebih lega dan tenang. Cobalah untuk mencoba hal yang baru; ini bisa menjadi solusi saat kamu merasa kangen akan kebahagiaan yang dulu sering kamu rasakan. Dengan mengeksplorasi aktivitas atau hobi baru, kamu bukan hanya mengalihkan perhatian dari rasa kangen yang mungkin mengganggu, tapi juga membuka kesempatan untuk menemukan kebahagiaan kamu sendiri di tempat yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya.  

Jauhkan dari hal-hal yang memicu kegalauan 

Kalian tau gak sih kalau sebenarnya nih, banyak sekali loh hal-hal yang dapat memicu kegalauan seseorang. Contohnya adalah suka mendengar omongan orang lain, tidak yakin pada diri sendiri, serta ragu dengan kemampuan diri sendiri. Hal ini dapat mengatasi kegalauan kamu loh.  

Apabila kamu sendiri sadar ternyata ada beberapa benda atau tempat yang berpotensi membuat kamu sedih, sebaiknya hindari hal tersebut. Tidak mudah memang. Namun, kamu harus berusaha semaksimal mungkin agar kamu tidak berhadapan dengan hal-hal yang membuat kamu bersedih

Hubungan pertemanan yang baik adalah yang saling menguntungkan dan saling membangun satu sama lain. Salah pilih pertemanan bisa membuat kamu tersesat, pandai memilih teman akan menyumbang kesuksesan kamu di masa depan. Kamu pastinya mau kan punya teman-teman yang membantu kamu meniti langkah sukses kamu dan merayakan kesuksesan bersama? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *