8 Manfaat dan Kandungan Kacang Hijau yang Wajib Diketahui!

35
0
Manfaat dan Kandungan Kacang Hijau

Kacang hijau, atau Vigna radiata, adalah tanaman yang berasal dari India dan telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Dikenal karena kemudahannya tumbuh dan khasiat kesehatannya, kacang hijau sering digunakan dalam berbagai hidangan, dari makanan penutup hingga sup.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Kacang hijau kaya akan berbagai macam nutrisi penting. Berikut ini adalah beberapa kandungan utama yang terdapat dalam kacang hijau:

  • Protein: Sangat penting untuk pembangunan otot dan reparasi sel.
  • Serat: Membantu dalam proses pencernaan dan mengontrol kadar gula darah.
  • Vitamin: Termasuk Vitamin A, C, dan E yang mendukung fungsi imun tubuh.
  • Mineral: Seperti zat besi, potassium, dan magnesium yang mendukung berbagai fungsi tubuh.

Manfaat kacang hijau

manfaat dan kandungan kacang hijau

Kacang hijau salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan sumber protein, rendah lemak, mengandung antioksidan, kalsium, zat besi, berbagai macam vitamin (A, B, C, folat, E, dan K), serta tinggi akan seratnya. Kacang hijau biasanya diolah menjadi makanan ataupun minuman yang lezat. Selain itu, kacang hijau juga mengandung banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kira-kira, apa saja manfaat dan kandungan kacang hijau untuk kesehatan tubuh, ya? Yuk, simak berikut ini.

Pengaturan Gula Darah

Kacang hijau sangat efektif dalam mengatur kadar gula darah, menjadikannya makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam kacang hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kesehatan Pencernaan

Serat dalam kacang hijau membantu dalam pencernaan dan dapat mencegah masalah seperti sembelit.

Peningkatan Energi

Kandungan besi yang tinggi dalam kacang hijau dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

Menurunkan Kolesterol

Kacang hijau salah satu makanan yang kandungan lemaknya cukup rendah. Sebanyak 100 gram kacang hijau hanya mengandung 0,1 gram lemak saja. Adanya kandungan serat dan antioksidan yang tinggi efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi secara alami di dalam tubuh. Maka dari itu, rutinlah mengonsumsi kacang hijau untuk menurunkan kolesterol berlebihan pada tubuh.

Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan

Kandungan folat yang tinggi pada kacang hijau cukup efektif untuk wanita khususnya yang sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil bisa memberikan perlindungan kepada sang bayi agar terhindar dari keguguran, lahir prematur, berat badan rendah, hingga lahir dengan kelainan. Asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau dapat bekerja 50 % mencegah risiko bayi lahir dengan cacat.

Efektif Menurunkan Berat Badan

Kamu sedang menjalankan program diet? Kamu bisa menjadikan kacang hijau sebagai menu diet andalan di rumah. Sebab, kacang hijau mengandung serat, rendah lemak, dan mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga kesehatan sekaligus menurunkan berat badan.

Kandungan serat pada kacang hijau juga dapat memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan membuat perut terasa lebih cepat kenyang. Alhasil, dapat menekan nafsu makan untuk mengonsumsi camilan secara berlebihan. Jika kamu ingin mengonsumsi kacang hijau sebagai menu diet, kamu bisa mengolahnya menjadi bubur tanpa menggunakan gula berlebihan.

Dapat Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Manfaat dan kandungan kacang hijau juga dapat membersihkan racun dari dalam tubuh. Kandungan protein, flavonoid, dan antioksidannya bekerja untuk mencegah radikal bebas yang dapat membawa racun ke tubuh. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, cukup efektif menghilangkan racun sebagai cikal bakal dari penyakit.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kolesterol menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Untungnya, hanya dengan mengonsumsi kacang hijau efektif menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab kacang hijau rendah lemak, bahkan dalam 100 gram hanya mengandung 0,1 lemak. Selain itu, dapat menurunkan kadar kolesterol berlebihan di dalam tubuh.

Adanya antioksidan pada kacang hijau juga mencegah penyerapan kolesterol dan pembentukan lemak. Adanya antioksidan juga mampu mencegah kerusakan pembuluh darah akibat radikal bebas. Kamu tidak perlu mengonsumsi obat-obatan, cukup dengan bahan yang murah dan alami, kan?

Mencegah Bayi Mengalami Gizi Buruk

Sebagai wanita, perlu menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan. Ibu harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk sang bayi agar terhindar dari malnutrisi maupun gizi buruk. Untuk itu, wajib mengonsumsi makanan yang kaya akan protein.

Kandungan protein pada kacang hijau dipercaya cukup efektif menambah produksi sel dan membantu proses pertumbuhan janin. Selain itu, membantu penyerapan protein yang masuk ke dalam tubuh. Maka tak heran, kacang hijau memang banyak dilanjutkan sebagai makanan bergizi selama masa kehamilan.

Mengatasi Anemia

Tubuh membutuhkan zat besi agar sel darah merah mampu mengangkat paru-paru hingga ke seluruh sel tubuh. Asupan zat besi yang kurang, tentu dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Akibatnya, tubuh mudah terasa lemas, lelah, pusing, dan tidak bertenaga. Kekurangan darah juga berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari, Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau sebagai sumber penambah zat besi. Manfaat dan kandungan kacang hijau sangat menyehatkan tubuh, bukan? Yuuk, rutin mengonsumsinya!

Tips Memasak Kacang Hijau

Untuk memaksimalkan manfaat kacang hijau, sangat penting untuk memasaknya dengan benar. Berikut adalah beberapa tips:

  • Rendam kacang hijau sebelum memasak untuk mengurangi waktu memasak.
  • Gunakan bumbu alami seperti jahe atau bawang putih untuk menambah rasa.
  • Hindari penggunaan gula atau bahan pengawet berlebihan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kacang hijau adalah makanan yang sangat bermanfaat yang harus menjadi bagian dari diet seimbang. Baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun kesejahteraan mental, kacang hijau menawarkan berbagai manfaat. Mulai dari memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari hingga menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit, ada banyak cara untuk memanfaatkan kacang hijau. Jadi, mulailah mengintegrasikan kacang hijau ke dalam diet kamu untuk menikmati berbagai manfaat kesehatanny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *