7 Cara Menabung 60 Juta Dalam Setahun, Agar Cepat Tercapai

29

Menabung 60 juta dalam setahun terdengar besar bagi kita yang memiliki penghasilan sebesar upah minimum regional (UMR). Belum lagi dikurangi dengan biaya hidup dan kebutuhan lainnya. 

Namun bukan tidak mungkin bagi kita untuk bisa menghasilkan 60 juta dalam setahun. Bagaimana cara menabung 60 juta dalam setahun?

Cara Menabung 60 Juta Dalam Setahun

Satu tahun kurang lebih terdiri dari 52 minggu maka untuk mencapai 60 juta dalam setahun, kamu harus menyisihkan uang sekitar 1 juta an seminggu. Nominal ini bisa digunakan untuk beragam tujuan misal DP rumah, menikah, pendidikan, asuransi atau merenovasi rumah.

Dengan komitmen dan tekad yang kuat nominal 60 juta bisa dicapai asalkan disiplin menyisihkan setiap minggunya. Apalagi jika kamu karyawan tetap yang memiliki gaji bulanan sebesar 7-8,5 juta-an.

Cara mencapai tabungan 60 juta dalam setahun bisa kamu capai sekalipun tidak memiliki penghasilan bulanan di atas 7 juta, berikut di antaranya:

1. Miliki Motivasi Menabung

Memiliki motivasi menabung merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan terlebih dahulu agar semangat dan konsisten menabung. Dalam hal ini, setiap orang tentunya memiliki rencana berbeda yang dijadikan sebagai motivasi.

Jika kita membuat target menabung 60 juta setahun untuk melanjutkan pendidikan maka ini akan membantu mencapai tujuan. Mulai dari membuat perencanaan tabungan dan membuat skema penyimpanan yang tepat sehingga lebih efektif.

2. Menggunakan Teori 50/20/30

Salah satu cara menabung 60 juta dalam setahun dapat dicapai dengan menerapkan teori 50/20/30. Teori menabung 50/20/30 ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren yaitu seorang profesor Harvard sekaligus seorang pakar keuangan. 

Dalam teori ini, Warren menyarankan untuk mengalokasikan pendapatan ke dalam 3 pos yaitu 50% untuk kebutuhan harian, 20% menabung dan 30% untuk gaya hidup. Teori ini cocok diterapkan oleh kamu yang memiliki penghasilan 20 juta sebulan jika menabung dialokasikan 20%. 

Meski begitu, bagi kamu yang memiliki penghasilan 6 juta an tetap bisa melakukannya dengan mengurangi gaya hidup atau kebutuhan harian yang tidak urgent.

3. Mencari Kerja Sampingan

Bagi karyawan yang memiliki gaji Rp 4 juta-an tentunya sulit jika harus mengalokasikan semua pendapatan untuk menabung saja. Untuk menutupi kekurangan itu, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan dengan bayaran menggiurkan.

Pekerjaan sampingan online lebih cocok agar tidak mengganggu waktu bekerja dan pilihlah yang bisa dilakukan di luar jam kerja utama. Misalnya membuka bisnis online, menjadi penulis online atau membuka jasa pembuatan logo bagi kamu yang handal mengoperasikan PhotoShop.

4. Menjual Barang Bekas atau Jarang Dipakai

Cara menabung 60 juta dalam setahun selanjutnya adalah menjual barang bekas. Agar alokasi uang untuk gaya hidup seperti membeli pakaian tidak seutuhnya hangus, kamu bisa menjual kembali barang tersebut atau beberapa benda lain yang masih bisa dijual dan tidak lagi terpakai. 

Cara ini bisa jadi strategi menabung 60 juta sekaligus membuat rumah lebih bersih dari barang tidak terpakai. Untuk memulai cara ini, bisa dengan mengecek rak sepatu atau lemari baju untuk mengeluarkan beberapa barang yang sudah tidak terpakai dan memiliki nilai jual. 

Selain itu, bisa juga menjual buku-buku bekas yang sudah dibaca dengan harga lebih murah melalui marketplace.

5. Mengalihkan Dana untuk Investasi

Menabung secara konvensional terkadang memakan waktu lebih lama untuk bisa mencapai target. Untuk mengoptimalkannya, bisa mengalihkan dana tabungan untuk investasi. 

Namun pastikan investasi yang diikuti memang aman. Cara menabung 60 juta dalam setahun bisa dicapai melalui investasi seperti emas karena harganya cenderung stabil bahkan bisa meningkat seiring waktu. 

Selain itu, kamu bisa investasi di reksadana bagi investor pemula karena minim resiko atau investasi peer to peer (P2P) lending mengingat bunga bisa tinggi hingga 21% per tahun.

6. Mengatur Automatic Debit ke Rekening Tabungan

Mengutip website GoBankingRates, pakar keuangan Farnoosh Torabi merekomendasikan 10% dari gaji ditransfer ke rekening auto debet. Dengan begitu, tidak ada alasan untuk lupa menabung karena otomatis terpotong.

Tabungan 10% dari penghasilan memang kurang mencapai jika targetnya 60 juta dalam setahun. Namun persentase ini bisa ditambah karena yang terpenting dilakukan konsisten meski mulai dari jumlah kecil.

7. Mengumpulkan dan Menyimpan Uang Kembalian

Cara untuk mencapai target 60 juta dalam setahun yang terakhir juga bisa dilakukan dengan menyimpan dan mengumpulkan uang kembalian. Cara ini direkomendasikan oleh Ric Edelman yang merupakan ketua dan CEO Edelman Financial Services.

Menurutnya uang recehan yang dikumpulkan bisa digunakan untuk belanja barang yang lebih besar sehingga tidak mengeluarkan uang dari kartu debit. Misalnya kumpulan uang kembalian dari supermarket bisa dikumpulkan untuk membeli makan siang dan kopi.

Cara menabung 60 juta dalam setahun bisa tercapai jika kita konsisten dan disiplin untuk menabung. Para pakar merekomendasikan untuk menggunakan automatic debit ke rekening tabungan hingga mengumpulkan uang kembalian. Dengan hal ini kamu bisa mencapai target tabungan mingguan hingga mencapai 60 juta dalam satu tahun.

Demikian ulasan cara menabung 60 juta dalam setahun. Menabung 60 juta dalam setahun membutuhkan disiplin dan komitmen. Namun, dengan strategi dan tips yang tepat, kamu dapat mencapai tujuan keuangan dan mewujudkan impian kamu.

Ivan Firmansyah
WRITTEN BY

Ivan Firmansyah

SEO expert with a proven track record of boosting organic search visibility. Skilled in technical SEO, keyword research, on-page optimization, and link building. Successfully spearheaded campaigns that resulted in a 30% increase in high-quality leads, driving sales growth.