Cara Mengosongkan Pikiran Saat Sholat

57
Cara Mengosongkan Pikiran Saat Sholat

Cara mengosongkan pikiran saat sholat sering kali menjadi kunci utama untuk mencapai sebuah ibadah yang khusyuk dan bermakna. Dalam dunia yang penuh dengan distraksi dan kesibukan, mencari ketenangan dalam sholat bisa terasa seperti sebuah perjalanan spiritual yang menantang. Namun, dengan pemahaman yang tepat dan langkah-langkah praktis, Anda dapat memperdalam kualitas sholat Anda dan membawa kedamaian ke dalam hati serta pikiran. Artikel ini akan membahas metode dan tips untuk membantu Anda mencapai kekhusyukan maksimal dalam sholat dengan mengosongkan pikiran dari segala bentuk gangguan.

Sudah jadi rahasia umum, kalau saat melaksanakan sholat, kita sangat disarankan untuk dalam keadaan hati dan pikiran yang tenang. Dalam mengerjakan sholat, seseorang dituntut harus fokus pada bacaan dan gerakan atau dengan kata lain khusyu.  Fokus yang dimaksud artinya segala pikiran, jiwa dan raga dipusatkan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Sehingga saat sholat, pikiran menjadi terarah dan tidak melenceng ke hal lainnya. 

Khusyu bertujuan untuk mendapatkan ketenangan hati, menundukkan pandangan mata, serta mere ndahkan diri di hadapan Sang Pencipta. Berikut ini beberapa cara agar sholat khusyu yang dapat dilakukan. 

Mengingat pentingnya ibadah sholat ini, maka kita sebagai umat Islam tidak seharusnya melaksanakan ibadah sholat dengan asal-asalan. Kita harus mengerjakan ibadah sholat ini dengan ikhlas dan khusyu menghadap Allah SWT. Jangan melaksanakan sholat hanya untuk menggugurkan kewajiban saja. 

“Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Inti (pokok) segala perkara adalah Islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat.” (HR. Tirmidzi). 

Wahh ternyata ibadah sholat itu gak main-main harus dengan fokus dan khusyu ya? Yuk kita simak ulasan berikutnya! 

Bagaimana Cara Mencapai Khusyu dalam Sholat? 

Cara Mengosongkan Pikiran Saat Sholat

Mungkin banyak dari kita yang masih sulit untuk melaksanakan ibadah sholat dengan khusyu. Untuk bisa mencapai kekhusyuan dalam sholat memang tidak mudah. 

Namun, dengan terus mencoba fokus dan ikhlas dalam sholat, sedikit demi sedikit kita bisa merasakan nikmatnya menghadap Sang Pencipta. 

Apalagi Allah SWT sudah berfirman, 

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya” (Q.S Al-Mu’minuun: 1-2). 

Berikut kami rangkum cara khusyu sholat yang bisa kalian coba agar ibadah kalian bisa menjadi lebih bermakna. 

Jadi yang dimaksud “mengosongkan pikiran saat sholat” itu adalah harus khusyu dan fokus, bukan sholat tiba-tiba ga ada pikiran ya hehe.. 

Yuk lanjut! Dibawah ini ada Cara Agar Sholat Khusyu, dibaca yaa..agar kalian semakin tahu banyak, semakin ingin selalu membaca di Wartaholic.com ini 

Berikut Cara Agar Sholat Khusyu 

Menyiapkan diri sebelum sholat 

Persiapan itu dapat dilakukan dengan menyempurnakan wudhu, mengenakan pakaian yang baik dan bersih, bersegera menuju masjid dengan tetap tenang dan tawadhu dan menanti saatnya sholat ditegakkan dengan berdzikir atau membaca. 

Bersikap tenang dalam sholat 

Para ulama biasa menyebutnya dengan istilah  tumaninah . Lebih jelasnya adalah dengan menyempurnakan kembali posisi anggota tubuh dalam setiap gerakan sholat. Saat bertakbir, maka angkatlah tangan dengan tenang, lalu letakkan kembali pada posisinya secara sempurna, begitupun dengan gerakan-gerakan lain dalam sholat.  

Berusaha memahami apa yang kalian baca dalam shalat  

Tanpa memahami maknanya, tidak sedikit umat Muslim yang tersentuh bahkan menangis ketika membaca dan mendengar lantunan ayat suci. Tapi akan jauh berbeda rasa dan kedalamannya bila memahami setiap makna yang terkandung di dalamnya. 

Oleh karena itu, berusahalah untuk memahami sedikit demi sedikit arti dan makna bacaan dalam sholat agar mendapatkan kekhusyuan. 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Pikiran Kotor

Bertaubat kepada Allah SWT 

Sholat adalah momen di mana seorang hamba berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Manfaatkan momen ini untuk bertaubat atas perbuatan-perbuatan yang menyimpang dari syariat.  

Dengan begitu, sholat seseorang akan lebih khusyu

Sholat di awal waktu 

Menunaikan sholat secara berjamaah di awal waktu akan sangat berimbas pada tingkat kekhusyuan seseorang dalam sholat. Sebab, waktu sholat masih panjang sehingga hati akan merasakan ketenangan dalam mengerjakannya. Berbeda halnya jika sholat  

Menganggap Shalat Terakhir 

Dengan menganggap ibadah sholat yang kalian lakukan adalah ibadah sholat yang terakhir di dunia. Setiap manusia maupun jin tidak ada yang mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang termasuk hari kematian. Dengan selalu mengingat kematian, kalian bisa lebih konsentrasi dalam menjalankan ibadah sholat. Syeikh Ibnul Mulqin mengingatkan, 

“Bila kamu sedang rukuk, jangan bayangkan usiamu panjang sampai i‘tidal. Bila kamu sedang i’tidal, jangan bayangkan usiamu berlangsung sampai pada kondisi sujud. Bayangkan surga ada di sisi kananmu dan neraka di sisi kirimu sementara sirath di bawah kedua telapak kakimu. Kalau begini caranya, baru kau benar-benar sholat” 

Itulah cara-cara yang diajarkan para ulama terdahulu agar mencapai kekhusyukan dalam shalat. Setan memang selalu berusaha menganggu.  

Namun, upaya yang kuat akan membuat manusia berhasil mendapatkan kekhusyukan dalam salat saat menghadap Tuhan-NYA.