Rahasia Diet Atkins: Langsing & Sehat dalam 30 Hari

26
0

Pada beberapa orang berat badan berlebih sangat menganggu penampilan serta menurukan kepercayaan diri. Ada berbagai cara untuk menurukan berat badan berlebih salah satunya diet. Diet adalah membatasi dan memilah berat dan jenis makanan sesuai yang dibutuhkan. Ada berbagai macam diet salah satunya diet Atkins.

Diet Atkins diperkenalkan oleh seorang dokter spesialis jantung bernama Robert Atkins pada tahun 1972. Diet ini berupaya mengendalikan asupan karbohidrat, dan mengonsumsi lebih banyak protein serta lemak sebagai gantinya.

Panduan Utama Diet Atkins

Pada Diet Atkins Anda harus mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan sayuran nonstarki seperti asparagus, bayam, kangkung, lobak, selada, brokoli, dan kembang kol. Serta makanan berlemak tinggi seperti daging.

Saat ini, diet ketogenik mungkin merupakan diet rendah karbohidrat yang populer untuk menurunkan berat badan. Tetapi pendahulunya yaitu diet Atkins adalah versi asli dari pendekatan makan terbatas ini. Atkins dan keto sama-sama diet rendah karbohidrat yang dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan, pengelolaan diabetes, dan kesehatan jantung,” kata Vanessa Rissetto, RD,. Ahli gizi yang berbasis di Hoboken, New Jersey.

Selain keto jauh lebih tinggi lemaknya daripada Atkins, perbedaan utama antara Atkins dan keto, kata Rissetto, “adalah Anda secara bertahap meningkatkan asupan karbohidrat pada Atkins,” Sementara itu, dia menambahkan karbohidrat “tetap sangat rendah pada diet keto.

Diet Atkins dibagi menjadi 3 yaitu

Atkins 20

Atkins 20 untuk orang yang:

  •  Ingin kehilangan berat badan lebih dari 40 pound (18,1 kg)
  • Memiliki lingkar pinggang lebih dari 35 inci (wanita) atau 40 inci (pria).
  • Penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2

Atkins 40

Atkins 40 untuk orang yang:

  • Ingin kehilangan berat badan kurang dari 40 pound (18,1kg).
  • Sedang hamil atau menyusui dan ingin menurunkan berat badan.
  • Membutuhkan diet dengan variasi makanan yang lebih luas.

Atkins 100

Atkins 100 untuk orang yang:

  • Ingin menjaga berat badan mereka saat ini.
  • Sedang hamil.
  • Sedang menyusui dan berusaha menjaga berat badannya.

Sebelum mencoba versi diet Atkins apa pun dan terutama jika Anda hamil dan mempertimbangkan Atkins 100 jangan lupa  tanyakan kepada tim perawatan kesehatan Anda agar terpantau kesehatan ibun dan janin.

Tinjauan tentang 3 Rencana Diet Atkins

Semua bentuk diet Atkins difokuskan pada pembatasan apa yang disebut karbohidrat bersih (termasuk yang ada dalam sayuran) dan menekankan makan protein dan jenis lemak sehat. Karbohidrat tertentu ditambahkan kembali ke diet Anda saat Anda mulai mendekati tujuan penurunan berat badan.

Atkins mendefinisikan karbohidrat bersih sebagai gram karbohidrat dikurangi gram serat dan gram alkohol gula. (Perhatikan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS [FDA] tidak mengakui “karbohidrat bersih” sebagai istilah nutrisi yang diterima.)

Atkins 20 dan Atkins 40 melibatkan berbagai fase, sedangkan Atkins 100 dianggap sebagai pendekatan gaya hidup dan menghimbau untuk mengonsumsi tidak lebih dari 100 karbohidrat bersih per hari.

Di Atkins 20, fase “induksi” awal Anda membatasi Anda hingga 20 gram (g) karbohidrat bersih, sedangkan di Atkins 40, fase awal induksi Anda membatasi Anda hingga 40 gram karbohidrat bersih, yang memberi Anda sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam makanan yang bisa Anda makan di awal (termasuk, misalnya, buah-buahan tertentu), catat situs web Atkins. Diet Atkins

Di Atkins 20, Anda menambahkan karbohidrat bersih kembali ke diet Anda dengan peningkatan 5 gram (20, 25, 30, dan seterusnya), sedangkan di Atkins 40, Anda menambahkan kembali karbohidrat bersih ke dalam diet Anda dengan peningkatan 10 gram, seperti yang dijelaskan  Lauren Popeck, RD, dari Orlando Health di Florida.

Berikut ini merupakan daftar makanan diet Atkins:

diet Atkins

Daftar makanan Atkins 20

Untuk membantu mempercepat penurunan berat badan Anda pada Atkins 20 Anda di anjurkan mengonsumsi beberapa makanan berikut:

  • Sayuran dasar seperti brokoli, bayam, bok choy, dan mentimun.
  • Protein seperti telur, ayam, dan daging sapi.
  • Semua ikan termasuk salmon, cod, flounder, dan herring.
  • Mentega dan minyak zaitun.
  • Beberapa jenis keju seperti cheddar, goat, swiss, dan parmesan.

Anda dapat menemukan daftar makanan lengkap dan lengkap untuk fase pertama Atkins 20 di situs web Atkins www.atkins.com

Daftar makanan Atkins 40

Jika Anda mengikuti rencana Atkins 40, Anda dapat makan semua makanan di atas, serta makanan berikut (selama Anda menjaga karbohidrat bersih di bawah 40 g per hari):

  • Sayuran dasar seperti brokoli, bayam, bok choy, dan mentimun.
  • Protein seperti telur, ayam, dan daging sapi.
  • Semua ikan termasuk salmon, cod, flounder, dan herring.
  • Mentega dan minyak zaitun.
  • Beberapa jenis keju seperti cheddar, goat, swiss, dan parmesan.

Daftar makanan Atkins 100

Pengikut Atkins 100 dapat makan hampir semua makanan, selama Anda tidak melebihi 100 g karbohidrat bersih per hari. Karbohidrat dapat bertambah dengan cepat jika Anda mengonsumsi gula atau karbohidrat olahan, jadi sebaiknya batasi atau hindari. Diet Atkins

Premis Diet Atkins

Premis Diet Atkins adalah jika Anda menghitung dan membatasi karbohidrat, tubuh Anda akan dipaksa untuk membakar simpanan lemak untuk energi, sehingga mendorong penurunan berat badan. Seperti banyak diet mode lainnya, ide utamanya adalah berhenti makan makanan yang dibuat dengan tepung dan gula halus.

Tetapi jika Anda mencoba mengikuti Atkins 20, bahkan makanan biji-bijian padat karbohidrat pun ada dalam daftar larangan makan sampai Anda mencapai fase pemeliharaan. Mengurangi karbohidrat dapat berkontribusi pada penurunan berat badan pada awalnya. Namun, menghilangkan kelompok makanan utuh, seperti biji-bijian, susu, yogurt, dan buah, kemungkinan besar tidak berkelanjutan dan tidak mencukupi nutrisi. Diet Atkins

Daftar belanja diet Atkins

Daftar belanja diet Atkins dasar untuk diikuti baik Anda sedang merencanakan diet Atkins 20, Atkins 40, atau Atkins 100, berikut beberapa makanan penting yang sebaiknya Anda beli:

  • Protein, termasuk daging sapi, ayam, daging giling, salmon, steak, dan ikan.
  • Sayuran seperti asparagus, brokoli, kembang kol, lobak, jamur, dan bayam.
  • Lemak seperti minyak zaitun dan mentega.
  • Buah-buahan seperti alpukat.
  • Produk susu berlemak penuh seperti keju cheddar, saus keju biru, dan krim

Manfaat Diet Atkins

Untuk memperoleh energi, tubuh membakar kedua jenis lemak dan karbohidrat. Menurut Diet Atkins, mengurangi karbohidrat akan mempercepat proses pembakaran lemak karena tubuh akan lebih memprioritaskan pembakaran lemak sebagai sumber energi, yang memungkinkan penurunan berat badan.

Diet Atkins tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga diduga menurunkan gula darah dan kolesterol. Sebuah studi menunjukkan bahwa diet Atkins juga menurunkan trigliserida dalam darah, tetapi efeknya belum diketahui berapa lama.

Diet Atkins juga dianggap dapat mencegah tekanan darah tinggi, diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah, tetapi berbagai manfaatnya masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Risiko Diet Atkins

Di samping manfaat yang bisa didapat, ada beberapa risiko diet Atkins yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

Penurunan asupan karbohidrat

Anda dapat mengalami pusing, sakit kepala, kelelahan, lemas, mual, diare, atau masalah buang air besar jika Anda kekurangan karbohidrat.

Ketosis

Saat fase awal diet Atkins, ada bahaya yang dianggap berbahaya, yaitu ketosis, di mana tubuh mencerna simpanan lemak dan menghasilkan keton sebagai sisa.

Zat keton yang menumpuk di tubuh menyebabkan mual, sakit kepala, bau mulut, dan perubahan psikologis.

Ketoasidosis

Ketosis yang berlangsung lama dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius yang dikenal sebagai ketoasidosis, yang terjadi ketika keton menumpuk di dalam darah dan menjadi beracun.

Diabetes dan orang yang menjalani diet yang berlebihan memiliki risiko lebih tinggi terkena ketoasidosis, yang dapat menyebabkan koma hingga kematian.

Diet Atkins dianggap bermanfaat, tetapi ini bukan berarti semua orang cocok dengannya.

Orang yang mengonsumsi insulin, diabetes, atau obat diuretik harus lebih berhati-hati saat melakukan diet Atkins. Di sisi lain, orang yang menderita penyakit ginjal, ibu hamil, dan ibu menyusui tidak disarankan untuk melakukannya.

Sebelum Anda mengikuti diet Atkins atau program penurunan berat badan lainnya, selalu konsultasikan dengan dokter gizi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *