Tekno

Fenomena Langka Langit Dihiasi Pasangan Bulan Kembar

203
×

Fenomena Langka Langit Dihiasi Pasangan Bulan Kembar

Share this article
Langit Malam Dihiasi Fenomena Kembar Bulan yang Memukau

Bumi Kedatangan “Bulan Mini” Sementara, Yuk Kepoin!

Ada kabar seru dari langit malam kita! Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan benda langit kecil bernama 2024 PT5 yang akan mendekati Bumi. Asteroid ini dijuluki “Bulan Mini” karena akan mengorbit planet kita dalam waktu sementara.

Scroll untuk terus membaca

Meski namanya “Bulan Mini”, jangan bayangin kita akan punya dua bulan yang bersinar terang di langit. 2024 PT5 berukuran sangat kecil, hanya sekitar 10 meter, jauh lebih mungil dari Bulan kita.

Selama 29 September hingga 25 November nanti, asteroid ini akan terjebak dalam gravitasi Bumi. Tapi tenang aja, meski jadi “Bulan Mini” sebentar, asteroid ini nggak akan menabrak Bumi. Soalnya, ukurannya yang kecil akan membuatnya hancur menjadi debu jika masuk ke atmosfer Bumi.

Nah, karena ukurannya yang mini itu, 2024 PT5 juga nggak bakal keliatan kayak Bulan purnama di langit. Jadi, nggak perlu khawatir nggak bisa tidur karena terlalu terang ya, hehe.

Yang menarik, orbit 2024 PT5 tidak bulat sempurna. Asteroid ini hanya akan mengelilingi Bumi sekali sebelum akhirnya kembali terbang mengelilingi Matahari.

Jadi, siap-siap aja buat ngelihat “Bulan Mini” sementara ini di langit malam kita. Tapi jangan lupa ya, pakai teleskop atau teropong buat bisa melihatnya!

Artikel ini disadur dari Ada ‘Bulan Kembar’ di Langit Mulai Hari Ini, Cek Jadwalnya!