5 Manfaat dan Kandungan Brokoli Yang Penting Bagi Tubuh

34
0

 

Brokoli merupakan sayuran hijau yang biasanya sering Anda temukan dipasar. Sayuran ini menjadi salah satu sayuran yang baik untuk tubuh. Bagaimana tidak? Brokoli mengandung berbagai macam gizi dan juga nutrisi. Untuk itu, apa saja manfaat dan kandungan brokoli ini? yuk, cek informasinya seperti berikut ini.

 

 

Kandungan Gizi Brokoli

 

 

Brokoli memang dikenal memiliki berbagai kandungan yang baik di dalamnya seperti vitamin dan juga mineral. Tak hanya itu saja, brokoli juga mengandung nutrisi gizi lainnya seperti fitonutrien, yang mana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

 

Meskipun sayuran hijau ini berbentuk seperti pohon kecil, akan tetapi sayuran ini termasuk pula ke dalam kategori yang memiliki nutrisi yang tinggi. Komposisi kandungan yang terdapat di dalam brokoli ini meliputi seperti mineral, kalori, kalsium, serat, karbohidrat, kalium, sodium, fosfor, vitamin A, C,K hingga beta karoten.

 

 

Manfaat dan Kandungan Brokoli
 

Ilustrasi Brokoli image by pexels

 

 

Manfaat dan Kandungan Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

 

 

Jadi, sebagai salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya, tentu brokoli ini sangat baik jika dikonsumsi dan ada banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui, diantaranya:

 

 

Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh

 

 

Seperti yang Anda ketahui manfaat dan kandungan brokoli ini memang sangat baik untuk kesehatan tubuh terlebih lagi bisa menjaga daya tahan tubuh. Sebab, kandungan vitamin C dan juga fitonutrien yang terdapat di dalam sayuran brokoli tentu sangat bermanfaat bagi tubuh, yang mana bisa membantu untuk membangun imunitas tubuh serta mencegah berbagai infeksi.

 

 

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

 

 

Berikutnya yaitu bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di mana kandungan kalsium, Vitamin A dan Vitamin K hingga fosfor yang terdapat didalam brokoli tentu akan jauh lebih mudah diserap ditubuh. Tak hanya itu saja, ada manfaat lainnya yang ditawarkan oleh sayuran brokoli ini yaitu dapat menjaga kesehatan gigi dan bisa menurunkan pula risiko penyakit gigi serta mulut yakni seperti periodontitis.

 

 

Bisa Mencegah Terjadinya Pertumbuhan Sel Kanker

 

 

Tahukah Anda bahwa berbagai kandungan dari brokoli ini tentu saja memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh salah satunya dapat mencegah terjadinya pertumbuhan kanker, karena didalam brokoli ini memiliki kandungan seperti Vitamin C, Vitamain E, Vitamin A, fitonutrien hingga jenis mineral yaitu seperti kalium dan juga selenium.

 

 

Selain itu, kandungan brokoli tersebut juga bisa berperan penting sebagai anti-oksidan serta bisa membantu metabolisme di dalam tubuh hingga mencegah inflamasi pada tingkat sel, yang mana ini merupakan fase awal dari perkembangan sel kanker. Kemudian, senyawa bioaktif yang terdapat di dalam brokoli ini juga bisa memiliki manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi kerusakan pada sel-sel dalam tubuh yang disebabkan pula oleh penyakit kronis tertentu.

 

 

 

Memelihara dan Menjaga Kesehatan Mata

 

 

Selain wortel, kandungan brokoli hijau ini juga bisa memelihara dan menjaga kesehatan mata Anda. Di mana di dalam brokoli terdapat banyak kandungan yang baik seperti beta karoten, yang mana ini merupakan senyawa pada saat Anda mengonsumsi brokoli dan masuk ke dalam tubuh akan dapat berubah menjadi vitamin A.

 

 

Oleh karena itu, kandungan bera karoten ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh terutama bisa menjaga gigi, kesehatan kulit hingga meningkatkan penglihatan mata. Kemudian, selain dapat memelihara dan menjaga kesehatan mata maka ada manfaat lainnya yang ditawarkan oleh beta karoten ini yaitu melindungi mata dari berbagai penyakit seperti degenerasi makula dan juga katarak.

 

 

Mencegah Terjadinya Anemia

 

 

Pada saat tubuh Anda kekurangan akan asupan mineral tentu Anda akan bisa mengalami yang namanya anemia atau kekurangan darah. Oleh sebab itu, jika Anda rutin mengonsumsi brokoli maka ada banyak sekali manfaat brokoli untuk kesehatan salah satunya yaitu dapat mencegah terjadinya anemia.

 

 

Sebab, brokoli ini memiliki banyak kandungan yang baik di dalamnya seperti zat besi, kalsium, kalium hingga magnesium sehingga nantinya bisa memproduksi hemoglobin yang ada dalam tubuh.

 

 

Itu dia ada beberapa informasi penting yang bisa Anda lihat seperti di atas tentang manfaat dan kandungan brokoli. Jadi, mari jaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang dan mengonsumsi makanan sehat seperti brokoli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *