• 29 Sep, 2022

6 Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi, Mudah dan Murah!

6 Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi, Mudah dan Murah!

 

Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia masih berlangsung hingga kini. Selama pandemi setiap orang harus bekerja dari rumah dan membatasi pertemuan, baik dengan kerabat maupun teman. Situasi yang berubah secara drastis mengharuskan semua orang bisa beradaptasi. Selain itu, harus mempertahankan gaya hidup sehat, mengatur pikiran, dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana menjaga pola kesehatan semalam pandemi?

 

 

Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi
 

Corona Pandemic Image by Unsplash

 

 

Menerapkan dan Menjaga Pola Makan yang Sehat

 

 

Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi yang pertama adalah memperhatikan pola makan. Padahal makanan sehat mengandung banyak nutrisi yang menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan energi, hingga menjaga kesehatan mental tetap stabil. Apalagi, selama Covid-19 semua orang diwajibkan menjaga kesehatan agar tidak mudah terpapar infeksi virus.

 

 

Maka dari itu, konsumsilah makanan sehat secara rutin setiap harinya. Kamu bisa mengonsumsi dua macam buah dan sayur yang berbeda setiap harinya, sehingga mendapatkan nutrisi yang cukup. Hindari makanan yang menjadi pemicu timbulnya penyakit, seperti berlemak dan manis. Jika tubuh terserang penyakit, justru virus akan semakin mudah masuk ke dalam tubuh.

 

 

Mengonsumsi Suplemen dan Vitamin

 

 

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tips hidup sehat di tengah pandemi yang lain adalah dengan rutin minum suplemen dan vitamin. Tips gaya hidup sehat ini cukup efektif menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. Kini, sudah banyak vitamin atau suplemen yang terjual di pasaran. Untuk mendapatkan obatnya, kamu juga bisa menggunakan jasa layanan antar secara online, sehingga tidak perlu keluar rumah lagi. Jadi, tidak ada alasan untuk mengonsumsi vitamin ataupun suplemen, ya!

 

 

Rutin Minum Air Putih

 

 

Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi selanjutnya adalah rutin meminum air putih karena tubuh terdiri dari air, sehingga membutuhkan cairan yang cukup. Apabila tidak, tentunya akan mengganggu produktivitas sepanjang harinya. Tubuh menjadi lebih mudah lemas, capek, pusing, hingga tidak bertenaga. Jangan sampai kamu mengabaikan kesehatan, apalagi di tengah masa pandemi yang rentan tertular virus Covid-19.

 

 

Air putih tidak hanya mempertahankan tubuh agar tetap sehat, tetapi juga membantu berpikir jernih, meningkatkan energi, dan melancarkan pencernaan. Paling tidak, kamu harus minum sekitar 1, 5 – 2 liter setiap harinya dan bisa disesuaikan dengan aktivitas. Dengan minum air putih, kamu bisa menjaga pola kesehatan semalam pandemi tanpa biaya yang mahal.

 

 

Rutin Berolahraga Setiap Harinya

 

 

Selama pandemi mewajibkan semua orang untuk tetap berada di rumah. Namun, bukan berarti kamu malas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun. Justru, kamu bisa melakukan olahraga yang ringan agar tetap menjaga tubuh selalu aktif. Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi adalah dengan melakukan Olahraga karena olahraga tidak hanya memberikan manfaat secara fisik, tetapi juga berdampak bagi psikologis. Jika kedua hal tidak seimbang, tentukan akan mengganggu sistem kekebalan di dalam tubuh. Hanya dengan olahraga yang sederhana, seperti push up, yoga, jogging, sit up, dan melakukan work out kecil-kecilan saja dapat menjaga kesehatan tubuh.

 

 

Untuk menjaga pola hidup sehat bisa melakukannya rutin setiap hari selama 20 – 15 menit saja. Lakukan pagi atau sore hari, sesuai keinginanmu. Dengan berolahraga, tubuh juga akan membuang racun melalui keringat, menjaga metabolisme tubuh, dan menjadikan tubuh senantiasa sehat.

 

 

Menjaga Kebersihan Tangan

 

 

Virus Covid-19 bisa menular melalui sentuhan tangan yang kotor. Maka dari itu, kamu harus menjaga kebersihan tangan saat berada di luar rumah. Pastikan kamu mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun, cucilah minimal 20 detik, dan jangan menyentuh area wajah sebelum membersihkan tangan. Jika sedang berada di luar, kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap higienis. Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi dengan mencuci tangan secara rutin, artinya kamu menerapkan dan menjaga pola kesehatan semalam pandemi.

 

 

Istirahat yang Cukup

 

 

Tips Hidup Sehat di Tengah Pandemi dengan mendapatkan istirahat yang cukup, kamu akan merasakan banyak manfaatnya. Tubuh akan merasa segar, mengendalikan stress, membuat tubuh fokus bekerja, dan membangun sistem kekebalan tubuh. Usahakan untuk tidur sekitar 6 – 8 jam agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Pola tidur yang cukup juga membantu mengendalikan pikiran, apalagi masa pandemi diwajibkan untuk menghindari pemicu stress berlebihan. Dengan tubuh yang sehat, tentunya membantu siapa saja dapat bertahan di tengah pandemi. Bagaimana, sudah paham mengenai pola hidup sehat dan bersih, bukan?

 

Dhila Cristine

Just an introvert working as a Journalist and Content Writer.