• 29 Sep, 2022

6 Manfaat Dan Kandungan Wortel Yang Penting Bagi Tubuh

6 Manfaat Dan Kandungan Wortel Yang Penting Bagi Tubuh

 

Ada banyak manfaat dan kandungan worte l yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun memang tidak semua orang mengetahui akan hal tersebut. Jika kamu ingin mendapatkan beragam manfaat dari wortel tersebut dan mengetahui apa kandungan wortel? Simaklah penjelasan berikut.

 

 

manfaat dan kandungan wortel  

 

 

Sebagai salah satu jenis sayuran, wortel hadir dengan beragam kandungan nutrisi dan senyawa lainnya. Hal ini bahkan sesuai dengan pernyataan dari Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa setiap 100 gram dari wortel, itu terdapat kandungan gizi yang beragam.

 

 

Berikut adalah beberapa kandungan gizi yang dimilikinya:

 

 

  Vitamin A: 7,1 mikrogram
  Vitamin B1: 0,04 miligram
  Vitamin B2: 0,04 miligram
  Vitamin B3: 1 miligram
  Vitamin B6: 0,012 miligram
  Vitamin B9: 15 mikrogram
  Vitamin B5: 0,28 mikrogram
  Vitamin C: 18 miligram
  Vitamin K: 13.6 mukrogram
  Energi: 36 kkal
  Karbohidrat: 7,9 gram
  Serat: 1 gram
  Protein: 1 gram
  Lemak: 0,6 gram
  Kalium: 245 miligram
  Fosfor: 74 miligram
  Natrium: 70 miligram
  Kalsium: 45 miligram
  Besi: 1 miligram
  Zinc: 0,3 miligram
  Tembaga: 0,06 miligram

 

 

Manfaat Dan Kandungan Wortel
 

Wortel Segar yang baik bagi kesehatan Tubuh image by unsplash

 

 

Meskipun wortel hadir dengan kandungan serat yang rendah. Namun wortel memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan ia juga menghadirkan banyak senyawa tumbuhan lainnya, seperti:

 

 

  Alfa-karoten, dikenal sebagai senyawa tumbuhan yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.
  Antosianin, merupakan senyawa antioksidan yang umumnya ditemukan pada sayuran wortel dengan warna gelap.
  Beta-karoten, sama halnya dengan Alfa karoten, warna oranye dari wortel menunjukkan bahwa kandungan beta-karoten yang dimilikinya lebih tinggi. Setelah dikonsumsi kandungan ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Namun untuk penyerapannya akan lebih maksimal apabila ia dimasak terlebih dahulu.
  Likopen, senyawa tumbuhan dengan efek antioksidan. Senyawa ini sering kali dikaitkan dengan penurunan atas risiko penyakit kanker dan juga jantung.
  Lutein, adalah salah satu zat antioksidan yang juga dapat ditemukan pada wortel. Senyawa ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.
  Polyacetylene, termasuk dalam  senyawa bioaktif. Kehadirannya memiliki potensi yang baik dalam mencegah leukemia juga beberapa jenis permasalahan kanker lainnya.

 

 

Manfaat wortel

 

 

  Melawan kanker usus besar

 

 

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan di Jepang. Dinyatakan bahwa kandungan beta karoten yang terdapat dalam wortel sangat baik dalam menurunkan risiko kanker kolorektal. Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang hadir di bagian akhir dari usus besar, yaitu bagian yang dekat dengan anus.

 

 

  Mengurangi risiko kanker prostat

 

 

Selain mengurangi risiko kanker usus besar, mengonsumsi wortel juga dapat menurunkan risiko dari kanker prostat. Hal ini berkaitan pula dengan kandungan karotenoid. Namun memang untuk manfaat yang satu ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

 

 

  Mengurangi risiko dari penyakit leukemia

 

 

Leukemia dikenal sebagai jenis penyakit yang muncul karena produksi sel darah putih atau leukosit secara berlebih/ abnormal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Kamu dapat mengonsumsi wortel dengan mengolahnya menjadi jus. Bahkan kehadirannya dapat menurunkan serta menghambat perkembangan dari leukosit itu sendiri.

 

 

  Menjaga kesehatan mata

 

 

Manfaat wortel untuk mata memang sudah tidak asing dan bahkan banyak diketahui orang. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya. Dengan kandungan vitamin A tersebut, kesehatan mata pun dapat terjaga dengan lebih baik.

 

 

  Tingkatkan kekebalan tubuh

 

 

Untuk kamu yang ingin menjaga kekebalan tubuh dengan lebih baik. Pastikan pula untuk mengonsumsi wortel secara rutin. Pasalnya wortel memiliki kandungan vitamin C yang dikenal baik dalam menjaga kekebalan tubuh.

 

 

  Menjaga kesehatan jantung dan juga tekanan darah

 

 

Dengan mengonsumsi wortel yang mengandung serta serta kalium di dalamnya. Tentunya organ jantung pun akan terjaga dengan lebih baik. Bahkan tekanan darah yang kamu miliki akan lebih stabil dan berada pada batas normal.

 

 

Dengan mengetahui manfaat dari wortel tersebut. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan jantung juga tekanan darah.

 

 

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai manfaat dan kandungan wortel yang baik untuk kesehatan kamu.