• 29 Sep, 2022

Waspada! Inilah 3 Macam - Macam Penyakit Mental Yang Harus Anda Hindari

Waspada! Inilah 3 Macam - Macam Penyakit Mental Yang Harus Anda Hindari

 

macam - macam penyakit mental umumnya mencakup penyakit tentang gangguan psikotik, makan, kepribadian dan lain - lain. Penyakit ini adalah tentang permasalahan kesehatan seorang pengidap yang hingga mempengaruhi orang tersebut dalam melakukan aktivitas berinteraksi, berfikir, bertindak, dan semacamnya. Akibatnya jika penyakit tersebut tak diobati maka akan membuat orang tersebut akan kesulitan untuk beraktivitas sehari - hari dalam lingkungannya. Penyakit gangguan jiwa umumnya terjadi akibat trauma berat yang diterima oleh seseorang atas sebuah peristiwa yang membuat mentalnya terganggu sehingga menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi otak orang tersebut.

 

 

Akibatnya jika penyakit tersebut tak diobati maka akan membuat orang tersebut akan kesulitan untuk beraktivitas sehari - hari dalam lingkungannya.

 

 

Kesehatan mental menurut para ahli yakni adalah sebuah keadaan dimana emosi dan psikis seseorang dalam keadaan baik, sehingga orang tersebut mampu menggunakan daya kemampuan berpikir dan emosinya, memiliki manfaat untuk lingkaran sosialnya, serta individu tersebut mampu dalam memenuhi kebutuhannya.

 

 

Disamping pengertian kesehatan mental menurut para ahli, ternyata pada tahun 2018 kementrian kesehatan telah melakukan penelitian tentang kesehatan yang mana mereka telah melakukan pencatatan lebih dari Sembilan belas juta penduduk. Dalam penelitian tersebut menghasilkan catatan tentang penduduk yang telah memiliki usia 15 tahun ke atas ternyata rentan mengalami gangguan kejiwaan.

 

 

macam - macam penyakit mental
 

ilustrasi depresi image by unsplash

 

 

Macam - macam Penyakit Mental yang Harus Anda Hindari

 

 

Maka dengan berkaca dari kesehatan mental menurut para ahli tadi, sejatinya Anda harus berhati - hati untuk tetap menjaga stabilitas psikis dan emosi dalam diri Anda agar macam - macam penyakit mental tidak menghinggapi Anda. Berikut ini ulasan bermacam gangguan kejiwaan tersebut. macam - macam penyakit mental

 

 

Gangguan Kecemasan

 

 

Gangguan ini terbagi menjadi gangguan sosial, umum, fopia, hingga panic. Gangguan tersebut adalah sebuah gangguan pada jiwa yang mana memungkinkan si penderita untuk terus merasa cemas  hingga gelisah, sehingga penderita tersebut sangat sulit untuk mengendalikan perasaannya.

 

 

 

Gangguan Pada Pribadi

 

 

Individu yang sedang mengalami gangguan pada pribadinya, biasanya ia cenderung mempunyai cara berpikir dan perilaku sehari - hari yang amat beda dengan orang - orang kebanyakan di sekitarnya. Jenis penyakit yang satu ini umumnya dibagi menjadi 3 tipe yakni tipe emosional, eksentrik, dan cemas.

 

 

Gangguan Pada Suasana Hati

 

 

Sering berubah - ubahnya mood seseorang yang mampu terjadi secara tiba - tiba merupakan hal yang lumrah terjadi, terlebih ada sebuah faktor yang mengakibatkan perubahan itu muncul. Umumnya diakibatkan oleh stress dan kelelahan.

 

 

Tapi orang yang telah menderita gangguan yang satu ini akan tiba - tiba mengalami pergantian mood yang sangat ekstrem dalam hitungan waktu yang sangat cepat. Semisal dari suasana hati yang stabil hingga bersedih kemudian bahagia dalam rentan waktu yang sangat cepat. 

 

 

Jadi Anda harus berhati - hati dan tetap untuk selalu melakukan latihan - latihan olah diri untuk mengantisipasi terkena macam - macam penyakit mental yang dapat mengganggu rutinitas Anda sehari - hari.

 

 

Post-traumatic Stress Disorder

 

 

macam - macam penyakit mental selanjutnya adalah PTSD atau biasa disebut Post traumatic stress disorder. Penderita gangguan mental satu ini umumnya pernah mengalami kejadian yang meninggalkan luka mendalam. Gangguan yang ditandai dengan kegagalan untuk pulih setelah mengalami atau menyaksikan peristiwa yang mengerikan. Kondisi ini bisa berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun, dengan pemicu yang dapat membawa kembali kenangan trauma disertai dengan reaksi emosional dan fisik yang intens. Gejalanya dapat mencakup mimpi buruk atau kilas balik, menghindari situasi yang mengingatkan trauma, meningkatkan reaktivitas terhadap rangsangan, kegelisahan, atau suasana hati yang tertekan. Penanganannya berupa berbagai jenis psikoterapi serta obat untuk mengatasi gejala.

 

 

Trauma ini bisa saja terjadi di masa lalu dan terpendam lama tanpa bisa diungkapkan. Terkadang, gangguan mental ini bisa muncul kapan saja dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Trauma yang dialami semisal, pelecehan seksual, melihat kejadian kriminal atau menyaksikan hal mengerikan lainnya.

 

 

OCD

 

 

Selain PSTD macam - macam penyakit mental yang lain adalah OCD Obsessive-compulsive Disorder, merupakan gangguan mental yang cukup umum. Orang yang menderita gangguan mental ini biasanya memiliki pemikiran konstan, mengakibatkan mereka terus melakukan hal yang sama dan berulang setiap harinya. Seakan terobsesi melakukan suatu hal yang berulang dan konstan.