• 29 Sep, 2022

5 Perawatan Kulit Berminyak dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak, Terbukti Efektif!

5 Perawatan Kulit Berminyak dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak, Terbukti Efektif!

 

Perawatan kulit berminyak yang tepat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit sehingga tidak mengalami masalah yang mengganggu, seperti misalnya jerawat. Terkadang mencuci muka dianggap sebagai langkah yang tepat, namun ternyata cuci muka saja tidak cukup untuk mengatasinya.

 

 

Agar kulit yang berminyak tetap bersih dan sehat, maka diperlukan perawatan secara rutin. Pasalnya kondisi kulit yang berminyak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti perubahan hormon, genetik, hingga stress dan pola hidup yang tidak sehat.

 

 

Cara Mengatasi Muka Berminyak

 

 

Faktor penyebab yang membuat kulit cenderung mengeluarkan minyak berlebih bisa diatasi dengan melakukan perawatan yang tepat. Jenis perawatannya pun tidak bisa disamakan dengan kondisi kulit lainnya. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan kulit berminyak yang bisa dicoba:

 

 

Mencuci Muka secara Teratur

 

 

Cara pertama yang cukup efektif untuk mengatasi wajah berminyak adalah dengan rutin mencuci muka pada pagi dan malam hari. Sangat disarankan menggunakan sabun cuci muka yang berbahan lembut agar tidak menimbulkan iritasi dan bersifat nonkomedogenik.

 

 

Selain itu, gunakan produk sabun cuci muka yang didalamnya terdapat kandungan asam salisilat, asam betahidroksi, asam glikolat atau benzoil peroksida yang berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak.

 

 

Rekomendasi Cleanser dan Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berminyak:

 

 

 

 

Perawatan Kulit Berminyak
 

Cosrx Good Morning Cleanser

 

 

Mengoleskan Pelembab setelah Cuci Muka

 

 

Sama seperti jenis kulit lainnya, kulit berminyak juga membutuhkan pelembab agar kondisinya tetap terhidrasi dan terhindar dari resiko munculnya tanda-tanda penuaan. Adapun produk pelembab yang direkomendasikan adalah yang memiliki label oil free.

 

 


 

Avoskin Miraculous Retinol Toner

 

 

Retinol Toner untuk wajah berminyak dan berjerawat

 

 

Selain oil free, produk pelembab berbasis air juga bisa dijadikan pilihan agar tidak meninggalkan kilap dan residu di wajah. Sementara untuk pemakaian face oil usahakan memilih jenis produk yang tidak menyumbat pori-pori dan pemakaiannya sesekali saja

 

 

AVOSKIN YSB Glow Concentrate Treatment

 

 

Menggunakan Kertas Minyak

 

 

Perawatan kulit berminyak selanjutnya adalah menggunakan kertas minyak yang mampu menyerap minyak berlebih di wajah secara cepat sehingga terasa kesat. Cukup usapkan kertas minyak ke wajah secara lembut dan tidak perlu digosok agar tidak menimbulkan luka

 

 

Contoh Produknya adalah Clean and Cleae Oil Control Film

 

 

Memilih Kosmetik Khusus untuk Kulit Berminyak

 

 

Memilih kosmetik khusus dengan label oil free serta berbasis air merupakan cara perawatan yang tidak boleh diabaikan. Jangan sampai salah dalam memilih dan sebaiknya hindari produk kosmetik yang menggunakan komposisi alkohol karena bisa memicu terjadinya iritasi.

 

 

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan kosmetik yang didalamnya mengandung niacinamide, green tea, ekstrak licorice ataupun L-carnitine yang mampu mengontrol minyak berlebih di kulit. Namun untuk penggunaannya harus tetap memperhatikan petunjuk pemakaian.

 

 

Mengoleskan Tabir Surya

 

 

Pada dasarnya penggunaan tabir surya sangat penting untuk semua jenis kulit, termasuk kulit wajah yang berminyak. Hal ini terutama dilakukan ketika beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari langsung.

 

 

Untuk Rekomendasi Produknya adalah Azarine Sunscreen

 

 

Adapun jenis tabir surya yang direkomendasikan untuk kulit berminyak adalah yang berbentuk gel dengan kandungan titanium oxide atau zinc oxide serta memiliki label oil free.

 

 

Untuk Jenis Tabir surya bagi yang memiliki kulit berminyak adalah Avoskin The Great Shield Sunscreen

 

 

Skincare untuk Perawatan Kulit Berminyak dan Berjerawat

 

 

Kondisi kulit wajah yang berjerawat seringkali menimbulkan permasalahan kulit lainnya yang mengganggu, salah satunya adalah muncul jerawat. Untuk mengatasi resiko tersebut, maka diperlukan skincare yang tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa produk perawatan kulit berminyak dan berjerawat yang direkomendasikan

 

 

  • Garnier Micellar Water Blue

 

 

Produk make up remover ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau dengan kemampuan membersihkan wajah yang efektif tanpa dibilas. Kandungan molekul micelles pada produk ini mampu mengangkat kotoran di wajah, minyak berlebih dan make up.

 

 


 

Garnier Micellar Water Blue

 

 

Skincare ini memiliki tekstur yang ringan seperti air dan tidak lengket di kulit sehingga nyaman untuk pemakaian sehari-hari. Anda hanya perlu menuangkan produk ini pada kapas secukupnya dan mengusapkan ke wajah secara merata untuk mengangkat minyak berlebih.

 

 

  • Scarlett Whitening Acne Serum

 

 

Produk skincare lainnya yang direkomendasikan untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat adalah Scarlett Whitening Acne Serum. Produk ini mengandung Jeju centella asiatica, salicylic acid, tea tree leaf water, ekstrak licorice serta vitamin C.

 

 


 

Scarlett Whitening Acne Serum

 

 

Komposisi bahan di dalam produk skincare secara efektif mampu menenangkan kulit yang berjerawat, mencerahkan kulit, serta meregenerasi sel kulit karena bersifat sebagai anti polusi dan antioksidan.

 

 

Temukan Produknya disini SCARLETT WHITENING SERUM

 

 

  • Scarlett Whitening Acne Day Cream

 

 

Produk skincare selanjutnya yang direkomendasikan untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat adalah Scarlett Whitening Acne Day Cream. Produk ini mengandung natural squalane, double action salicylic acid, natural vitamin C, aqua peptide glow serta triceramide.

 

 

Efek dari penggunaan bahan tersebut antara lain adalah membantu meredakan peradangan akibat kulit berjerawat, menyamarkan garis halus, menutrisi wajah, memperbaiki tekstur kulit serta meningkatkan kelembaban kulit wajah. Produk ini bisa digunakan untuk perawatan pagi hari.

 

 

Untuk Link Pembelian produk bisa kesini Scarlett Whitening Acne Day Cream

 

 

  • Scarlett Whitening Acne Night Cream

 

 

Untuk perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat di malam hari bisa menggunakan Scarlett Whitening Acne Night Cream yang efektif untuk mengurangi peradangan. Kandungan dari produk ini antara lain adalah CM acnatu, natural vitamin C, porewat dan triceramide.

 

 

Produk skincare ini juga mengandung natural squalane, aqua peptide glow dan hexapeptide-8 yang mampu mengatasi bekas jerawat dan memudarkan bekas jerawat serta membantu mengecilkan pori-pori.

 

 

Link Pembelian Produk Bisa kalian temukan disini

 

 

  • Natasha Moist Tea Tree Serum

 

 

Bahan utama yang terkandung dalam serum ini adalah tea tree oil yang bersifat anti mikroba dan anti inflamasi. Kandungan bahan tersebut diketahui sangat efektif untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat.

 

 

Link Pembelian Natasha Moist Tea Three Serum disini

 

 

Wardah Acne Derm Acne Spot Treatment

 

 

Produk skincare dengan kandungan BHA dan 7 ekstrak tumbuhan ini mampu melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. Kandungan ekstra willowherb pada produk akan membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat.

 

 

Sedangkan kandungan dermatreat aktif pada produk skincare ini terbukti mampu menenangkan serta menghambat munculnya jerawat baru. Krim untuk perawatan wajah berminyak ini bisa dioleskan pada pagi dan malam hari.

 

 

Link Pembalian Wardah Acne Derm Acne Spot Treatment

 

 

  • Erha21 Acne Care Lab Acne Spot Gel

 

 

Produk skincare lainnya yang bisa dipilih untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat adalah Erha21 Acne Care Lab Acne Spot Gel. Produk ini mengandung BHA dan sulfur yang sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

 

 

Produk dengan harga terjangkau ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat serta membantu mengontrol minyak berlebih di wajah. Selain itu, formulanya juga bermanfaat untuk mencegah munculnya noda hitam bekas jerawat.

 

 

Link Pembelian Erha21 Acne

 

 

Rangkaian Skincare untuk Perawatan Kulit Berminyak dan Kusam

 

 

Untuk perawatan kulit wajah berminyak dan kusam secara maksimal, tentu dibutuhkan rangkaian skincare yang tepat. Dalam melakukan perawatan wajah maka ada beberapa tahapan skincare yang perlu diperhatikan. Adapun rangkaian skincare untuk kulit berminyak dan kusam adalah:

 

 

Cleanser atau Pembersih

 

 

Agar kulit wajah yang berminyak tetap sehat dan tidak kusam, maka diperlukan skincare berupa cleanser atau pembersih sebagai tahap awal perawatan kulit. Pembersih sendiri ada beberapa jenis, yaitu facial foam, cleansing oil dan milk cleansing.

 

 

Untuk hasil yang lebih bersih dan maksimal, disarankan melakukan perawatan double cleansing dengan mengaplikasikan micellar water serta facial wash. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, sebaiknya gunakan produk yang mengandung niacinamide.

 

 

Toner atau Penyegar

 

 

Dalam perawatan kulit wajah berminyak, toner berfungsi sebagai penyegar dan mengangkat sisa kotoran yang belum terangkat ketika mencuci wajah dengan facial wash. Dengan demikian produk ini akan melengkapi tahap pembersihan sebelumnya. Penggunaan toner bisa dilakukan setelah cleansing dan sebelum mengaplikasikan pelembab. Toner bisa digunakan dengan cara menuangkan beberapa tetes pada kapas dan mengusapkannya ke wajah secara merata

 

 

Moisturizer atau Pelembab

 

 

Selain toner, rangkaian perawatan kulit berminyak dan kusam juga bisa diikuti dengan mengaplikasikan pelembab atau moisturizer. Adapun produk yang direkomendasikan untuk kulit berminyak adalah yang oil free dan memiliki tekstur ringan.

 

 

Fungsi pelembab sendiri bukan hanya sekedar melembabkan kulit saja tetapi juga untuk mengunci beragam nutrisi serta hidrasi yang telah diaplikasikan sebelumnya, seperti toner atau serum. Untuk penggunaan pelembab bisa dilakukan pada pagi dan malam hari.

 

 

Selain itu, tujuan menggunakan pelembab pada kulit berminyak juga untuk membantu menjaga kadar kelembaban kulit wajah agar tetap ideal dan terhidrasi dengan baik. Dengan begitu maka kulit tidak akan memproduksi minyak berlebih sehingga lebih terkontrol.

 

 

Sunscreen atau Tabir Surya

 

 

Rangkaian skincare selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan untuk perawatan kulit wajah berminyak dan kusam adalah menggunakan tabir surya. Sebaiknya memilih produk sunscreen yang teksturnya ringan, mudah terserap dan water base sehingga tidak lengket.

 

 

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan sunscreen yang digunakan memiliki kandungan SPF yang cukup tinggi agar efektif melindungi kulit saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

 

 

Karena pada dasarnya penggunaan sunscreen bertujuan untuk menangkal sinar UV yang bisa meningkatkan resiko kanker kulit. Selain itu, penggunaan sunscreen juga efektif untuk melindungi kulit sehingga warna kulit tidak kusam.

 

 

Retinol

 

 

Retinol merupakan salah satu bahan skincare yang diketahui mampu mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di wajah. Retinol sendiri merupakan turunan dari vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah.

 

 

Biasanya retinol dalam dosis rendah ditemukan pada produk skincare seperti toner, serum dan pelembab. Retinol cukup efektif untuk membantu regenerasi sel kulit sehingga kondisi kulit tetap sehat dan cerah. Bahan ini tentunya sangat coock untuk perawatan kulit berminyak.

 

 

Retinol direkomendasikan untuk perawatan wajah karena memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah mencegah timbulnya jerawat, meningkatkan produksi kolagen, meremajakan kulit serta memudarkan hiperpigmentasi yang membuat kulit lebih kusam.

 

 

Selain dari rangkaian skincare yang telah dijelaskan di atas, perawatan untuk kulit wajah berminyak juga bisa dengan melakukan perawatan ekstra menggunakan masker. Karena penggunaan masker kecantikan akan membantu mengoptimalkan penyerapan skincare yang diaplikasikan.

 

 

Khusus untuk kulit yang berminyak dan kusam atau berjerawat, sebaiknya gunakan jenis masker yang mengandung bahan alami seperti tea tree oil. Karena kandungan bahan tersebut cukup efektif untuk mencegah munculnya jerawat dan membantu mencerahkan kulit.

 

 

Penggunaan masker dengan bahan alami tersebut juga akan membantu merawat tekstur kulit, menghilangkan minyak berlebih, detoksifikasi kulit, membersihkan kotoran hingga ke pori-pori kulit serta meningkatkan metabolisme kulit sehingga lebih sehat. Perawatan kulit berminyak secara tepat sangat diperlukan agar kulit wajah tetap sehat, tidak kusam dan tidak berjerawat. Agar hasilnya maksimal, selain membersihkan wajah dengan double cleansing, penting juga untuk mengaplikasikan produk skincare sebagai rangkaian perawatan secara rutin

 

 

Dhila Cristine

Just an introvert working as a Journalist and Content Writer.