• 29 Sep, 2022

Ingin Melakukan Diet Sehat? Yuk, Intip 7 Daftar Makanan Untuk Diet Penurun Berat Badan

Ingin Melakukan Diet Sehat? Yuk, Intip 7 Daftar Makanan Untuk Diet Penurun Berat Badan

 

Makanan untuk diet merupakan salah satu faktor untuk menurunkan berat badan tidak hanya rutin berolahraga, tetapi harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Pola makan yang sehat menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, hindari makanan berlemak, mengandung banyak minyak, dan makanan manis agar program diet menjadi lebih efektif.

 

 

Yuk, simak 7 makanan untuk diet yang wajib kamu coba!

 

 

Dari daftar ke 7 makanan tersebut rata-rata di dominasi oleh makanan yang memiliki kandungan gula yang rendah. Gula merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan berat badan secara signifikan ketika dikonsumsi secara berlebihan dan dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi tubuh.

 

 

Makanan untuk diet
 

Makanan Sehat image by unsplash

 

 

Mengonsumsi Telur

 

 

Telur menjadi salah satu menu makanan diet sehat menurunkan berat badan. Sebab, telur mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan efektif membuat kamu terasa kenyang lebih lama, serta jumlah kalorinya juga rendah. Telur juga termasuk makanan padat nutrisi, sehingga kamu tidak perlu khawatir kekurangan gizi sekalipun sedang menjalani diet. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi telur karena dapat menyebabkan kolesterol. Selain itu, telur juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

 

 

Makan Sayuran Hijau Setiap Hari

 

 

Jika kamu alergi terhadap telur, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi sayuran hijau saja. Sayur salah satu dari 7 makanan untuk diet yang paling sehat dan aman digunakan sebagai menu penurun berat badan. Ada banyak sekali sayuran hijau, mulai dari bayam, kangkung, brokoli, dan sawi. Kandungan serat pada sayur juga cukup tinggi, sehingga tidak membuat kamu merasa cepat lapar.

 

 

Kamu bisa mengonsumsi dua macam sayuran hijau setiap harinya. Usahakan lebih banyak sayur daripada nasi. Selain itu, kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus agar tidak mengandung banyak minyak.

 

 

Mengonsumsi Daging Rendah Lemak

 

 

Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi menyebabkan naiknya berat badan yang berujung pada obesitas. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti makanan untuk diet dengan dada ayam karena mengandung asupan protein rendah lemak.

 

 

Kandungan proteinnya efektif menurunkan berat badan, bahkan dapat memenuhi kebutuhan protein harian. Meskipun begitu, konsumsilah daging dengan sewajarnya saja. Terlalu banyak mengonsumsi daging dapat berakibat buruk untuk kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit.

 

 

Mengonsumsi Ikan Salmon

 

 

Kalau kamu tidak ingin mengonsumsi daging ayam, bisa diganti dengan ikan salmon. Salmon salah satu jenis makanan untuk diet rendah kalori yang kaya akan kandungan protein, vitamin b12, zat besi, dan asam lemak berupa omega 3. Ikan yang satu ini juga efektif membantu menurunkan berat badan secara optimal.

 

 

Selain itu, ikan salmon dapat mengendalikan nafsu makan berlebihan. Dengan begitu, kamu akan terasa lebih cepat kenyang. Tak heran, bila ikan ini selalu digemari oleh mereka yang sedang menjalankan program diet.

 

 

 

Rutin Mengonsumsi Buah-Buahan

 

 

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, konsumsi buah-buahan menjadi pilihan terbaik. Makanan untuk diet yang sehat ini sangat mudah ditemui, tidak menyebabkan efek samping, menyehatkan, dan efektif menurunkan berat badan secara optimal.

 

 

Paling tidak, konsumsilah dua macam buah setiap harinya agar mendapat asupan nutrisi yang cukup. Kamu bisa mengganti camilan berkalori dengan mengonsumsi buah ketika merasa lapar. Umumnya, banyak orang mengandalkan buah apel untuk diet. Sebab, buah ini mengandung zat gizi, mengandung kalori, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Apel juga mengandung banyak serat yang dapat menahan lapar lebih lama, sehingga bisa kamu jadikan pengganjal atau selingan di waktu makan.

 

 

Selain apel, ada juga buah alpukat yang dapat menurunkan berat badan. Buah alpukat mengandung lemak sehat dan karbohidrat yang rendah, sehingga tidak menyebabkan bertambahnya berat badan. Kandungan air dan seratnya dapat menahan rasa lapar lebih lama, sehingga cocok dijadikan camilan diet. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa memakan setengah buah alpukat pada siang hari. Konsumsilah secara langsung tanpa mencampurkannya dengan gula, bisa juga dibuat sebagai jus minuman.

 

 

Rutin Konsumsi Yogurt

 

 

Yoghurt mengandung prebiotic yang dikenal ampuh meningkatkan kerja usus. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi yoghurt juga dapat melancarkan pencernaan, mengatasi peradangan, dan mencegah terjadinya obesitas.

 

 

Kamu bisa mengonsumsinya setelah makanan agar melancarkan pencernaan. Namun, pilahlah yoghurt yang kaya akan protein dan bebas gula. Jika kamu suka, akan lebih baik mengonsumsi yoghurt plain karena lebih efektif menurunkan berat badan ketika menjalani diet. Kira-kira itulah 7 makanan untuk diet sehat, aman, dan efektif menurunkan berat badan secara maksimal.

 

Dhila Cristine

Just an introvert working as a Journalist and Content Writer.