• 29 Sep, 2022

5 Manfaat dan Kandungan Bawang Putih Yang Penting Bagi Tubuh

5 Manfaat dan Kandungan Bawang Putih Yang Penting Bagi Tubuh

 

Bawang putih merupakan salah satu bahan tambahan untuk bumbu masak. Namun, siapa sangka bahwa bahan rempah tersebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk itu, jika Anda penasaran apa saja manfaat dan kandungan bawang putih ini maka langsung saja simak ulasannya seperti di bawah ini.

 

 

Kandungan Bawang Putih

 

 

Penting untuk Anda ketahui bahwa di dalam bawang putih memiliki kandungan yang berlimpah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di mana beberapa kandungan tersebut yaitu seperti karbohidrat, kalori, protein, kalsium, serat, mangan, vitamin B6, vitamin C, asam amino, selenium hingga flavonoid dan oligosakarida.

 

 

Manfaat dan Kandungan Bawang Putih
 

Ilustrasi Bawang Putih image by Unsplash

 

 

Manfaat dan Kandungan Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

 

 

Seperti yang telah Anda lihat di atas bahwa ada banyak sekali kandungan bawang putih yang terdapat di dalamnya sehingga kandungan nutrisi tersebut sangat baik sekali tubuh dan bahkan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya:

 

 

Dapat Menurunkan tekanan Darah

 

 

Berkat kandungan yang terdapat di dalamnya tentu saja bisa menurunkan tekanan darah dan ini dapat menjadi salah satu obat bagi penderita hipertensi. Berdasarkan dengan penelitian yang ada, disebutkan pula bahwa bahan alami ini dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan juga sistolik secara efektivitas yang mana bisa dikatakan pula hampir setara dengan obat atenolol.

 

 

Mengapa bisa demikian? Karena bawang putih mentah memiliki kandungan allicin sehingga nantinya pada saat Anda konsumsi bisa dengan mudah diserap oleh tubuh.

 

 

Menyehatkan Jantung

 

 

Manfaat bawang putih lainnya yaitu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsinya maka Anda bisa melakukannya dengan mudah yaitu dengan mengekstrak bawang putih yang telah dikeringkan. Untuk itu, berkat ekstrak bawang putih ini tentu saja mampu mengurangi plak lunak di dalam tubuh dan nantinya juga bisa membendung pembentukan dari plak baru di bagian arteri.

 

 

Tak hanya itu saja, dari hasil sebuah penelitian, yang mana ekstrak bawang putih yang telah dikeringkan tentu saja mampu menunjukkan penurunan kadar kalsium hingga protein C-reaktif yang ada di dalam arteri. Hal ini tentu saja merupakan sebuah tanda penumpukan dan nantinya bisa terjadi penyempitan ataupun menyumbat arteri sehingga memicu peradangan.

 

 

Namun, apabila dibiarkan begitu saja maka penderita akan sangat rentan mengalami yang nama stroke dan juga serangan jantung secara tiba-tiba. Selain itu, berkat adanya kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang putih tentu dapat diubah oleh sel darah merah dan menjadi gas hydrogen sulfida, lalu berfungsi dapat melebarkan pembuluh darah.

 

 

 

Membantu Untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

 

 

Selanjutnya manfaat dan kandungan bawang putih yang terdapat di dalamnya bisa membantu untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Di mana bawang putih mentah ini bisa mengurangi yang namanya fluktuasi kadar gula dalam darah tepatnya sebelum makan pada penderita diabetes ataupun seseorang tanpa penyakit diabetes. Oleh karena itu, mengapa pentingnya dan sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi bawang putih mentah.

 

 

Mengobati Flu

 

 

manfaat dan kandungan bawang putih selanjutnya adalah memiliki kandungan gizi yang baik di dalamnya sehingga baik untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya flu. Jadi, manfaat bawang putih mentah ini merupakan hasil dari senyawa belerang, yang mana terbentuk pada saat bahan rempah tersebut dicincang, dikunyah dan bahkan dihancurkan. Oleh karena itu, bawang putih ini dipercaya bisa mengobati penyakit flu.

 

 

Selain itu, bawang putih ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya seperti vitamin C, kalsium, serat, vitamin B1, vitamin B6, mangan, selenium, kalsium, fosfor, tembaga, zat besi hingga kalium.

 

 

Dapat Menurunkan Kolesterol

 

 

Kandungan senyawa allicin yang terdapat di dalam bawang putih mentah tentu saja bisa mencegah kolesterol tinggi. Oleh karena itu, bagi Anda salah satu penderita kolesterol tinggi maka Anda dapat mengonsumsi bawang putih mentah sekitar 1 sampai 2 siung kecil untuk setiap harinya selama dua bulan.

 

 

Itulah informasi yang bisa Anda lihat mengenai manfaat dan kandungan bawang putih mentah untuk kesehatan tubuh. Jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti di atas mungkin tak ada salahnya jika mengonsumsi bawang putih mentah ini. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Dhila Cristine

Just an introvert working as a Journalist and Content Writer.